Ayo Nikmati Indahnya Parahyangan di Garut Intan Carnival 2017

- 30 September 2017, 03:26 WIB

GARUT, (PR).- Garut adalah representasi keindahan Parahyangan. Panoramanya diselimuti pegunungan hijau nan sejuk membuat Garut menyimpan banyak potensi alam yang menakjubkan. Sejak abad ke-20, Garut terkenal dengan sebutan “Switzerland van Java” dan sudah menjadi tujuan wisata para meneer Eropa di Hindia Belanda.

Untuk lebih mengenalkan wisata Garut, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut akan menggelar Garut-Intan-Carnival">Garut Intan Carnival (GIC) yang dilaksanakan pada tanggal 29-30 September 2017. Ini bertepatan dengan Hari Pariwisata Dunia.

Dukungan pun datang dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Wisata Nusantara Esthy Reko Astuti, yang didampingi Kepala Bidang Wisata Budaya Asdep Pengembangan Segmen Pasar Personal Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Wawan Gunawan mengatakan, ini acara yang berkonsep Street Festival” atau “Carnival on the Road”.

”Jadi ajang parade yang dilaksanakan di jalanan, kini mulai marak diselenggarakan di Indonesia. Kita support event ini karena Garut pada usianya yang sudah 2 abad sudah sepatutnya meraih kejayaan serta keberhasilan yang diimpikan oleh seluruh masyarakat Garut,” ujar Esthy.

Dalam karnaval yang mengambil tema “Karnaval Batik Jawa Barat” di Garut (Karnaval de Garut) serta Subtema “Kejayaan Sunda“ ini dilaksanakan dengan maksud tertentu. Tujuannya, memperkenalkan keberagaman busana, bahasa, suku, adat, dan warna-warni budaya. Ini juga bertujuan mempertahankan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non Bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) yang telah ditetapkan oleh UNESCO sejak 2 Oktober 2009.

loading...

Ajang adu kreatif

“Di karnaval ini ada nilai-nilai kerja bersama, kerja sosial, untuk saling menghargai dan menghormati antarsesama saudara kita yang berbeda suku, agama, budaya, dan bahasa. Di sini ada pendidikan budaya," lanjut Esthy yang diamini Wawan Gunawan.

Wawan menambahkan, gelaran ini diproyeksikan sebagai ajang adu kreatif para perancang busana dan model. Sekaligus merangsang ide-ide inovatif para kawula muda dalam memanfaatkan limbah beragam produk unggulan daerah menjadi produk bernilai seni, bermanfaat, bernilai ekonomi, dan dapat dinikmati masyarakat luas.

"Ada beberapa rangkaian kegiatan seperti Workshop Desain Fashion untuk “Pesona Garut 2017”, Pameran Produk Fashion dan UMKM Lomba Fotografi (Profesional dan Umum) untuk Pesona Garut 2017 dan Karnaval Busana “Pesona Garut 2017," kata pria yang baru saja menunaikan ibadah Haji taun 2017 itu.

Lebih lanjut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Garut Budi Gan Gan Gumilar menyampaikan dalam parade GIC nanti,  diharapkan menjadi helaran wisata unik. Sehingga parade busana berbahan dasar limbah produk unggulan daerah tersebut menjadi event wisata yang dapat mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan ke Garut.

Halaman:

Editor: Administrator


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X