Sabtu, 18 Januari 2020

Genjot Kunjungan Wisatawan, Kota Bandung Getol Bangun Kampung Wisata

- 18 September 2017, 00:58 WIB

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bandung tak henti-hentinya melakukan berbagai cara untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Selain terus berusaha mewujudkan Bandung sebagai kota pariwisata berbasis teknologi, pemkot juga getol membangun kampung wisata.

Wakil Wali Kota Bandung Oded Danial mengatakan, pihaknya menargetkan memiliki puluhan kampung wisata pada 2018. Menurut Oded, kampung-kampung wisata itu bisa menambah opsi bagi wisatawan saat berkunjung ke Bandung.

"Insya Allah ke depan kami akan membuat 30 kampung wisata," kata Oded, Kamis, 14 September 2017.

Dia menambahkan, kampung-kampung wisata itu akan membantu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bandung.

Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandung, kunjungan wisatawan pada 2016 mencapai 5.000.625 orang. Perinciannya, sebanyak 173.036 merupakan wisatawan mancanegara (wisman). Sedangkan 4.827.589 adalah wisatawan domestik. Tahun ini, Pemkot Bandung menargetkan sekitar tujuh juta kunjungan wisatawan.

Menurut Oded, kampung wisata itu akan dikonsep dengan menonjolkan tema tertentu. Dia menargetkan setiap kecamatan minimal memiliki satu kampung wisata. "Harapannya di setiap kecamatan, (sebanyak) 30 itu berbeda tema," ucap Oded.

Oded menambahkan, program kampung wisata sebenarnya sudah digagas sejak 2013. Salah satu kampung wisata yang sudah ada adalah Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok.

"Di dalam kampung wisata itu, termasuk industri kreatif segala macam, bisa di situ. Kami sudah mulai membangun gedungnya (gedung kreatif)," ucapnya.

Pusat oleh-oleh

Selain itu, Pemkot juga akan membangun pusat oleh-oleh khas Bandung. Dia berharap pusat suvenir itu bisa memanjakan para wisatawan.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X