Sabtu, 18 Januari 2020

Lagi, Rendang dan Nasi Goreng Makanan Terenak di Dunia 2017

- 15 Juli 2017, 13:04 WIB

JAKARTA, (PR).- Pariwisata Indonesia kembali mendapatkan pengakuan dunia. Dua ikon kuliner tanah air yang sudah ditetapkan Menpar Arief Yahya, Rendang dan Nasi Goreng, tampil sebagai makanan terenak di dunia nomer satu dan nomor dua, versi CNN. 

Menteri Arief seperti mendapat "angin surga" untuk memperkuat branding kuliner nusantara itu. "Karena rendang, nasi goreng adalah dua dari lima kuliner yang tengah dipromosikan Kemenpar sebagai ikon kuliner Indonesia, selain soto, sate dan gado-gado," ungkap Menpar Arief Yahya. 

Pengakuan oleh CNN travel itu cukup membanggakan. Pasalnya, pada tahun 2011, masakan asal Sumatera Barat itu juga pernah menempatkan diri di peringkat pertama sebagai makanan terenak di dunia. "Ini sudah mengangkat brand kuliner Indonesia, dan tentu pariwisata Indonesia," kata Menteri Arief.

Kali ini, tahun 2017 Rendang kembali menjadi Juara! Ditambah nasi goreng, makanan yang menjadi favourit banyak pembaca situs berita dunia CNN itu. 

"Reputasi rendang ini akan menaikkan citra kuliner dan pariwisata kita. Karena kuliner ketika sudah siap dipromosikan, dikapitalisasi, maka dia sudah masuk pariwisata. Selama masih proses inkubasi, itu masih di bawah Bekraf," ungkap dia. 

Kuliner, lanjut Arief yang Mantan Dirut PT Telkom itu, sudah menjadi bagian yang penting dalam pariwisata. "Semakin banyak makanan kita yang dikenal, maka semakin banyak yang ingin ke negara kita. Ini adalah kultur diplomasi bangsa kita,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya.       

Sekadar informasi, CNN telah merilis daftar 50 makanan terenak sedunia lewat 35.000 voting di media sosial Facebook. Hasilnya, rendang khas Sumatera Barat kembali menduduki peringkat pertama.Menariknya, CNN melansir bukan hanya Rendang, Nasi Goreng juga menempati peringkat kedua. 

Sementara itu, makanan Nusantara lainnya yang masuk daftar adalah Sate, yang menduduki peringkat ke-14  (lebih lengkap lihat grafis). Sate juga masuk prioritas ikon kuliner Nusantara.

Makanan otentik

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti didampingi Kepala Bidang Promosi Wisata Budaya Kemenpar Wawan Gunawan juga menyambut sumringah raihan tersebut. Di bidangnya, Kuliner selalu menjadi senjata andalan untuk meraih hati wisatawan mancanegara. 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X