Kamis, 20 Februari 2020

Wisata Garut Bukan Hanya Cipanas, Ada Pantai Hingga Gunung

- 5 Maret 2016, 23:28 WIB
PEMANDANGAN senja di pantai Rancabuaya, Garut.*

GARUT, (PRLM).- Tidak dapat dimungkiri, wisata air panas di kawasan Cipanas menjadi daya tarik utama pariwisata Garut. Lokasinya yang sangat mudah dijangkau plus lengkapnya fasilitas dan pelayanan memuaskan membuat wisatawan dari luar kota terutama Jakarta dan Bandung berduyun-duyun ke Cipanas yang terletak di kaki Gunung Guntur.

Akan tetapi, Cipanas yang berada di gerbang masuk Garut ternyata membuat wisatawan banyak melewatkan kecantikan Garut yang kaya dengan objek wisata alam. Jauh ke selatan, garis pantai sepanjang sekitar 80 km yang terbagi ke dalam 7 kecamatan juga menawarkan panorama epik.

Beberapa di antaranya masih sangat natural, asri, dan sunyi. Pantai paling populer, berfasilitas lengkap, serta mudah dijangkau dari kawasan perkotaan Garut yaitu pantai Santolo di Kecamatan Cikelet. Teluk Santolo biasa ramai dikunjungi wisatawan dari luar kota pada akhir pekan dan libur panjang.

Selain itu ada pula pantai Rancabuaya di Kecamatan Caringin yang berjarak sekitar 25 km ke arah barat dari Santolo. Pamor Rancabuaya kian melejit karena termaktub dalam novel “Perahu Kertas” karya Dewi Lestari yang kemudian diangkat ke layar lebar. Ombak yang terganjal jajaran batu karang berlapis-lapis menghadirkan gemuruh yang durasinya lebih panjang dan membuat Rancabuaya berbeda dengan pantai lainnya.

Selain kedua pantai itu, sejumlah lokasi yang masih tergolong perawan dan layak dikunjungi adalah Pantai Puncak Guha di Kecamatan Bungbulang, Pantai Cicalobak di Kecamatan Mekarmukti, pantai Karang Paranje di Kecamatan Cibalong. Ada pula pantai Sayangheulang di Kecamatan Pemungpeuk dengan jembatan gantungnya yang menawan.

Tak perlu khawatir dengan kondisi jalan menuju pantai pantai tersebut. Saat ini dua jalur yang ada baik via Pangalengan-Cisewi maupun Garut-Pameungpeuk sudah bagus meski tidak benar-benar mulus.

Jika bertolak dari Kota Bandung, Rancabuaya adalah pantai yang paling mudah dijangkau via jalur Pangalengan-Cisewu. Jarak tempuhnya bisa lebih singkat dibanding harus melalui jalur memutar melalui Garut-Pameungpeuk.

Garut juga tergolong Kabupaten dengan pilihan wisata lengkap. Bagi pecinta gunung, terdapat sedikitnya tiga gunung dengan tingkat kesulitan pendakian berbeda. Gunung Papandayan sangat cocok bagi para pendaki pemula sedangkan Guntur dan Cikuray diperutukkan bagi pendaki yang menginginkan tantangan. Objek wisata Kawah Talaga Bodas juga patut dipertimbangkan karena menyuguhkan romantisme khas Garut dengan danau suflurnya yang seputih melati. (Yusuf Wijanarko)***

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X