Pikiran Rakyat
USD Jual 14.403,00 Beli 14.103,00 | Umumnya berawan, 21.8 ° C

Mau Wisata ke Gunung Tangkubanparahu Bandung? Coba 7 Aksi Ini!

Tim Pikiran Rakyat
Tempat Wisata Tangkuban Perahu.*/DOK.PR
Tempat Wisata Tangkuban Perahu.*/DOK.PR

GUNUNG Tangkubanparahu di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, masih menjadi favorit wisatawan. Ikon wisata Bandung ini menyuguhkan panorama tiga kawah besar yang indah dengan suasana yang sejuk. Konsep wisatanya pun berbeda, wisatawan tak perlu bersusah payah mendaki gunung karena puncaknya bisa dicapai dengan kendaraan.

Beberapa pengunjung wisata biasanya menggunakan jasa rental mobil Bandung sebagai alternatif transportasi untuk mencapai tempat ini. Selain itu, memilih rental mobil Bandung tentunya akan membuat Anda terhindar dari kelelahan hingga kehujanan saat di perjalanan. Selain menawarkan pemandangan, ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda coba di Gunung Tangkubanparahu . Simak rekomendasi beberapa agenda yang wajib dilakukan agar liburan semakin menyenangkan:

Melihat keindahan Kawah Ratu

Kawah Ratu merupakan puncak sekaligus kawah terbesar di Tangkubanparahu. Inilah atraksi utama sekaligus lokasi favorit berfoto, sebab kepulan asap putih yang menyembur dari dalam kawah memberikan efek yang dramatis. Namun, wisatawan dilarang mendekati area kawah karena uap panas dan bau belerang yang menyengat sangatlah berbahaya.

Berburu sunrise di Kawah Upas

Tak jauh dari Kawah Ratu, terdapat Kawah Upas yang memiliki ukuran kawah lebih kecil. Untuk mencapainya, Anda harus trekking selama 45 menit di tengah suasana yang alami nan menyejukkan. Ketika sampai, sepanjang mata memandang yang terlihat adalah dinding-dinding kawah dengan dikelilingi hutan yang rimbun nan hijau. Menariknya lagi, puncak Kawah Upas menjadi salah satu spot melihat matahari terbit terbaik di Bandung.

Merendam kaki di Kawah Domas

Kawah Domas terletak di dataran yang lebih rendah dari Kawah Ratu dan Kawah Upas. Di sini, Anda diperbolehkan turun ke area kawah karena terdapat kolam-kolam kecil air panas alami untuk merendam kaki. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa mencoba pijat relaksasi menggunakan lumpur Kawah Domas, yang diyakini bermanfaat untuk kesehatan.

Berburu jajanan

Usai seharian mengelilingi semua kawah, saatnya Anda beristirahat dan menikmati kuliner. Ada banyak kios-kios penjual makanan yang patut dicoba seperti ketan bakar, jagung bakar, mi instan, susu jahe, kopi, dan lainnya. Sambil mengisi perut, Anda pun bisa duduk santai sambil menikmati keramaian dan keindahan kawah dari kejauhan.

Belanja souvenir untuk oleh-oleh

Penjualan souvenir dan kerajinan tangan juga banyak dijumpai di sini. Anda bisa membeli kaos bertuliskan ‘Tangkuban Perahu’ atau ‘Bandung’, mainan, gelang, angklung, dan lainnya. Soal harga tak usah khawatir, harganya tidak jauh berbeda dari yang dijual di pasar oleh-oleh.

Berkeliling naik kuda

Tak mau lelah melakukan trekking untuk menjelajahi kawah? Tak masalah, sebab Anda bisa memilih berkuda sambil menikmati indahnya pemandangan sekitar. Aktivitas ini pun dijamin aman karena ada pemandu kuda yang selalu menemani selama perjalanan.

Berkemah

Bagi pecinta alam, kaki Gunung Tangkubanparahu menjadi spot favorit untuk berkemah. Di tempat ini, Anda bisa menikmati sensasi hidup berdampingan dengan alam terbuka. Apalagi, hutan pinus yang lebat dan udara pegunungan yang sejuk kian menambah atmosfir kemping menjadi lebih berkesan.

Liburan ke alam terbuka seperti gunung tentu menyenangkan. Udaranya segar dan pemandangannya indah. Apalagi, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan untuk memberikan pengalaman berbeda maupun sederet manfaat lain.

Tertarik untuk mengunjunginya? Gunung Tangkuban Perahu dapat diakses menggunakan kendaraan pribadi. Bagi wisatawan dari luar Bandung, sebaiknya menggunakan jasa rental mobil Bandung, terutama jika Anda liburan bersama keluarga atau teman. Mobil sewaan biasanya menyediakan sopir yang mengetahui seluk beluk kawasan tersebut, terlebih kondisi jalan menuju puncak cukup terjal, berkelok-kelok, dan licin saat musim hujan.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk memilih jasa rental mobil Bandung. Selain harganya terjangkau, sudah ada banyak penyedia sewa mobil di Bandung yang bisa dipilih sesuai harapan sehingga perjalanan menjadi nyaman dan aman, misalnya Traveloka. Apa pun rencana Anda, pastikan pesan rental mobil Bandung secara online karena lebih banyak keuntungannya seperti  dapat membandingkan harga dari banyak penyedia dalam satu aplikasi/situs saja. Selamat merencanakan liburan!***

Bagikan: