Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Umumnya berawan, 20.5 ° C

Indonesia Manfaatkan Bekas Tambang untuk Tempat Wisata

Anwar Effendi
JAKARTA, (PRLM).- Banyak tempat tambang yang tak lagi digunakan di Indonesia, hal ini akan dimanfaatkan Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk diubah menjadi tempat wisata.
 
Berkaca kesuksesan Australia mengubah bekas tambang menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi turis setiap tahunnya.
 
"Australia punya Balarak di Melbourne, mereka sukses mengubah bekas wilayah tambang menjadi destinasi wisata. Indonesia punya banyak tempat tambang, termasuk Sawalunto dan Belitung. Jika digunakan dengan baik dan benar maka akan mendatangkan daya tarik untuk pariwisata," jelasnya kepada Okezone di Jakarta, baru-baru ini.
 
Menteri Pariwisata era Presiden Jokowi ini menuturkan bila terdapat wilayah di Indonesia bekas penambangan, salah satunya Sawahlunto. Dimana, disana merupakan tambang batubara.
 
"Sawahlunto kalau dikonservasi maka akan menghasilkan yang besar dan sekarang disebut kota wisata tambang. Bahkan diajukan ke UNESCO," tambahnya..
 
Arief Yahya juga melihat bila Indonesia memiliki ribuan bekas tambang di Belitung juga akan dimanfaatkan menjadi salah satu kawasan wilayah ekonomi khusus yang masuk dari 10 prioritas pariwisata yang akan dikembangkan.
 
"Saya minta kepada deputi destinasi untuk mengukur hal ini, semakin dilestarikan maka semakin disejahterahkan. Maka tempat tambang tidak ada salahnya diubah jadi lebih baik yang nantinya untuk anak dan cucu kita. Bila fokus pariwisata maka sejahtera," tutupnya.(okz/A-147)***
 
 
 
Bagikan: