Disebut Dalang Pandemi, Bill Gates: Saya Yakin Vaksin Covid-19 Sangat Aman

- 22 November 2020, 21:45 WIB
Bill Gates.* /Instagram.com/@thisisbillgates


PIKIRAN RAKYAT - Selama pandemi Covid-19 melanda dunia, banyak konspirasi menyebutkan Bill Gates sebagai dalang pencetus pandemi. Gates sendiri  berulang kali membantah tuduhan ini.

Pendiri Microsoft, Bill Gates bersama istrinya Melinda Gates kini menyumbangkan jutaan dolar AS untuk melakukan penelitian dan pengembangan vaksin Covid-19.

Dalam sebuah wawancara, Gates mengatakan bahwa ia 'sangat yakin' akan keamanan dan kemanjuran imunisasi vaksin Covid-19 yang disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat.

Baca Juga: Sumbang Rp984 Miliar, Bill Gates Ingin Negara Berpenghasilan Rendah Dapat Akses Vaksin Covid-19

"Saya merasa sangat percaya diri karena orang-orang yang terlibat benar-benar melakukan pekerjaan mereka (vaksin Covid-19) dengan baik," kata Gates, pada Kamis, 19 November 2020, seperti dikutip Pikiran-rakyat.com dari The Hill.

Pernyataan itu diungkapkan Gates sebelum vaksin Pfizer dari BioNTech mengumumkan pengajuan penggunaan darurat karena menunjukkan 95 persen efektif melawan Covid-19.

“Sudah jelas bahwa FDA melalui staf profesional di sana, semua hal yang seharusnya mereka lakukan, begitu pula Pfizer, bahkan ada komite eksternal yang akan mempertimbangkan hanya untuk memastikan secara mutlak bahwa keinginan politik untuk mendapatkan ini (vaksin) secepatnya tidak mempengaruhi tinjauan kemanjuran dan keamanan," kata Gates saat ditanya tentang keraguan vaksin.

Baca Juga: Dikabarkan Berselisih dengan Trump, Bill Gates Ungkap Pesan untuk Biden yang Menangkan Pilpres AS

Sebelumnya, Gubernur New York, Andrew Cuomo menyatakan keraguannya tentang vaksin yang akan disetujui di bawah pemerintahan Presiden AS Donald Trump.

Pernyataan Trump mendorong para kritikus khawatir tentang politisasi vaksin.

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji

Sumber: The Hill


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X