Kanibal, Monyet Dewasa Ramai-ramai Makan Bayi Monyet Berumur 10 Hari

- 22 November 2020, 21:20 WIB
Ilustrasi monyet /Pixabay/blende12

PIKIRAN RAKYAT - Sejumlah monyet kapusin dewasa tertangkap sedang memakan bayi monyet yang baru berusia 10 hari. Kasus kanibalisme ini jarang terjadi dalam dunia primati dan menjadi yang pertama kali dalam spesies monyet tersebut.


Dikutip Pikiran-rakyat.com dari Daily Mail, peneliti yang mempelajari monyet kapusin di Kosta Rika menyaksikan sisa-sisa tubuh bayi monyet itu jatuh dari pohon.

Induk bayi monyet itu berusaha menyelamatkan anaknya namun langsung mati dan meninggalkannya.

Baca Juga: Ilmuwan Temukan Gelombang Suara Tercepat, Kecepatannya Capai 36 Km per Detik

Menurut pengamatan peneliti, seekor monyet yang berumur 2 tahun tampak mendekat dan mulai menggigit jari-jari bayi monyet malang itu. Setelah itu, kelompok monyet lainnya datang dan mulai memakan bayi monyet itu.


Kanibalisme terkadang diadopsi oleh hewan selama periode kelangkaan makanan atau kepadatan populasi tinggi. Ini dilakukan karena menyediakan akses ke protein, lemak, dan nutrisi yang tinggi.

Namun, kanibalisme justru membawa risiko penularan penyakit dan memiliki sejumlah kelemahan.

Baca Juga: Benarkah ASI Dapat Membantu Mengobati Covid-19? Berikut Hasil Studi Ilmuwan Tiongkok

Kanibalisme juga tidak diketahui di antara spesies monyet, biasanya sebagai bagian besar kematian bayi monyet dikarenakan pejantan ingin membangun monopoli reproduksi sendiri.

Di alam liar, simpanse hamil terkadang mengisolasi diri selama berminggu-minggu sebelum dan sesudah melahirkan untuk mencegah bayinya dimakan hidup-hidup oleh kelompok monyet lain.

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji

Sumber: Daily Mail


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X