Dunia Masih Sibuk Pandemi, Tiongkok Siap Luncurkan Wahana ke Bulan dan Ambil Sampel Batuan

- 22 November 2020, 14:22 WIB
Potret Bulan /Pixabay/Ponciano

PIKIRAN RAKYAT - Tiongkok siap meluncurkan pesawat ruang angkasa tanpa berawak ke Bulan mulai minggu ini.Misi itu dimaksudkan untuk membawa kembali sampel batuan Bulan.

Upaya Tiongkok menjadi yang pertama di antara negara mana pun untuk mengambil sampel dari satelit alami Bumi sejak tahun 1970-an.

Dikutip Pikiran-rakyat.com dari Reuters, Minggu, 22 November 2020, wahana Tiongkok yakni Chang'e-5 diberi nama sesuai nama dewi Bulan bagi Negeri Tirai Bambu. Wahana itu akan berupaya mengumpulkan materi yang dapat membantu ilmuwan memahami lebih lanjut tentang asal-usul dan pembentukan Bulan.

Baca Juga: Perjalanan Menuju Mars, Pesawat Tianwen-1 Tiongkok Ambil Foto Selfie di Luar Angkasa

Misi tersebut akan menguji kemampuan Tiongkok untuk memperoleh sampel dari jarak jauh di luar angkasa, sebelum misi selanjutnya yang lebih kompleks.

Jika berhasil, misi tersebut akan menjadikan Tiongkok sebagai negara ketiga yang berhasil mengambil sampel bulan, setelah Amerika Serikat dan Uni Soviet beberapa dekade lalu.

Pada masa Perang Dingin, Uni Soviet telah mendaratkan pesawat Luna 2 di Bulan pada tahun 1959. Pesawat itu menjadi benda buatan manusia pertama yang mencapai  luar angkasa.

Baca Juga: Cari Kehidupan Alien, Misi Perseverance NASA akan Tiba di Mars Kurang 100 Hari Lagi

Saat ini, beberapa negara lain termasuk Jepang dan India telah meluncurkan misi ke Bulan.

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji

Sumber: Reuters


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X