Raih Penghargaan Dunia, Onno W. Purbo: Internet Berhak Untuk Semua

- 22 November 2020, 11:16 WIB
Onno W Purbo, pakar teknologi dan informasi /Pikiran-Rakyat.com/ Aldiro Lubis

PIKIRAN RAKYAT - Onno W Purbo, pakar teknologi dan informasi asal Indonesia meraih penghargaan tertinggi Jonathan B Postel Service Award dari Internet Society (ISOC) organisasi nirlaba global.

Ia dianggap berjasa di bidang internet dengan berbagai inovasi dan jasanya tidak hanya bagi Indonesia, namun juga dunia.

Kepada Pikiran-Rakyat.com, Onno bercerita ia mendapat motivasi untuk meraih penghargaan Jonathan B Postel Service Award dari ilmuwan komputer asal Korea Selatan, Prof Kilnam Chon.

Baca Juga : Viral Mobil Ayla Tabrak Honda CBR1000RR Seharga Rp600 Juta, Berakhir dengan Damai

"Dia mendesak saya untuk membuat terobosan dan masukan ke Jonathan B Postel Service Award. Karena pemenang penghargaan itu didominasi oleh bule, kita ingin ada orang Asia yang mendapatkan penghargaan itu," ungkap Onno saat ditemui di Jakarta, Sabtu 21 November 2020.

Sebagai informasi, Onno merupakan orang Indonesia pertama yang meraih penghargaan Jonathan B Postel Service Award.

Untuk wilayah Asia, Onno menjelaskan baru terdapat enam pemenang dari total 24 orang yang meraih Jonathan B Postel Service Award.

Baca Juga : Naik Motor Saat Hujan, Perhatikan 5 Tips Aman Berikut ini

"Saya melakukan beberapa kegiatan, tidak hanya di Indonesia tapi juga negara-negara lain. Karena kalau hanya di dalam negeri tidak akan dapat penghargaan itu. Mulai dari Nepal, Timor Leste saat edukasi soal internet. Karena saya beranggapan internet itu bisa dan berhak untuk semua," terangnya.

Halaman:

Editor: Aldiro Syahrian


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X