Singkat, Ilmuwan Berhasil Buat Berlian pada Suhu Kamar hanya Dalam Beberapa Menit

- 20 November 2020, 19:01 WIB
Ilustrasi berlian /Pixabay/gr8effect /

PIKIRAN RAKYAT - Salah satu alasan berlian dilabeli dengan harga sangat mahal adalah karena terjadi secara alami dan sulit ditemukan.

Berlian memang ditemukan saat ditambang, tapi menimbulkan beberapa kontroversi karena permintaan yang tinggi telah menciptakan beberapa kondisi kerja dan masalah ketenagakerjaan.

Hal inilah yang menyebabkan orang-orang kini mencari alternatif yang lebih berkelanjutan dan etis untuk membuat berlian.

Baca Juga: Ilmuwan Temukan Gelombang Suara Tercepat, Kecepatannya Capai 36 Km per Detik

Dikutip Pikiran-rakyat.com dari Ubergizmo, kini ilmuwan di Australia dari Australian National University (ANU) dan RMIT University di Melbourne telah berhasil menciptakan berlian pada suhu kamar dan hanya butuh waktu beberapa menit.

Meskipun berlian sintetis bukanlah hal baru dan telah ada selama beberapa dekade, tapi yang membuat penemuan ini menarik adalah berlian dapat dibuat pada suhu kamar.

Jika dibandingkan dengan berlian sintetis lain yang biasanya membuat potongan karbon menjadi panas yang hebat.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech Diklaim 90 Persen Efektif, Ilmuwan: Melegakan dan Jadi Pertanda Baik

Menurut peneliti, teknik ini dibuat dengan menggunakan tekanan yang setara dengan 640 gajah Afrika yang seimbang di ujung sepatu balet, mereka berhasil menciptakan dua jenis berlian yang berbeda secara struktural.

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji

Sumber: Ubergizmo, Tech Explorist


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X