Cek Versi Android Anda, Jutaan HP Terancam Tak Lagi Bisa Akses Internet Mulai Tahun 2021

- 9 November 2020, 19:47 WIB
Ilustrasi HP Android. /Pexels

PIKIRAN RAKYAT - Jutaan pengguna HP Android dengan sistem operasi lama tak lagi bisa menjalankan situs web internet mulai tahun 2021.

Hal ini dikarenakan ada masalah yang timbul seputar sertifikat SSL yang digunakan untuk menampilkan situs web HTTPS dengan benar.

Dikutip Pikiran-rakyat.com dari Metro.co.uk, dalam kebijakan sertifikasi terbarunya, Let's Encrypt mengungkapkan pengguna Android 7.1.1 atau Android Nougat ke bawah harus segera mengupdate sistem operasinya ke Android terbaru karena sertifikasi lama tidak akan berlaku lagi.

Baca Juga: 4 Tentara Amerika Serikat Tewas Terkena Bom Saat Lewati Jalur di Suriah

"Sertifikat root DST Root X3 yang kami andalkan untuk membantu kami memulai akan kadaluarsa pada 1 September 2021. Untungnya, kami siap untuk berdiri sendiri, dan hanya mengandalkan sertifikat root kami sendiri," demikian penjelasan Let's Encrypt dalam blognya.

"Namun, ini memang menimbulkan beberapa masalah kompatibilitas. Beberapa software yang belum diperbarui sejak 2016 masih tidak mempercayai sertifikat root kami," tambah mereka.

Dengan begitu pengguna Android yang menjalankan software Nougat akan mulai mendapat masalah mulai 1 September 2021.

Baca Juga: Tiongkok Berhasil Luncurkan Satelit 6G, Diklaim 100 Kali Lebih Cepat dari 5G

Satu-satunya solusi yang dapat digunakan adalah browser Mozilla Firefox yang menggunakan penyimpanan sertifikatnya sendiri dan dapat melewati masalah.

Halaman:

Editor: Nuzulia Rega

Sumber: Metro.co.uk


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X