Sorak-sorai! Misi 10 Detik, Pesawat Luar Angkasa NASA Berhasil Kumpulkan Sampel Asteroid Kuno Bennu!

- 21 Oktober 2020, 10:44 WIB
Pesawat luar angkasa OSIRIS-REx NASA bersiap untuk menyentuh permukaan asteroid Bennu. /NASA / Goddard / University of Arizona

PIKIRAN RAKYAT - Pesawat ruang angkasa NASA yang bernama Osiris-Rex berhasil turun ke asteroid Bennu untuk mengumpulkan sampel dan dibawa kembali ke Bumi.

Pada Selasa, 20 Oktober waktu setempat, pesawat luar angkasa Osiris-Rex melakukan perjalanan selama 4,5 jam dari orbit asteroid Bennu yang berjarak 200 juta mil (321 juta km) dari Bumi. Pesawat itu melayang tepat di atas permukaan asteroid Bennu.

Dikutip Pikiran-rakyat.com dari Sky News, pesawat itu harus menghindari batu-batu besar seukuran bangunan dan mencapai tempat sekecil tempat parkir untuk mengambil sejumlah kecil puing-puing asteroid.

Baca Juga: Profil Ketua YLBHI Asfinawati, Sosok yang Disebut Sempat Pancing Amarah Menkominfo Soal UU Ciptaker

Misi itu hanya berlangsung antara 5 hingga 10 detik, tetapi tim harus menunggu penundaan komunikasi radio untuk mengetahui dengan tepat apa yang terjadi.

Akhirnya setelah 18 menit, Osiris-Rex mengirim konfirmasi bahwa misi tersebut berhasil. Sorak-sorai pangkalan NASA di Bumi tampak senang dengan keberhasilan itu.

"Saya tidak percaya kami benar-benar melakukan ini," kata ilmuwan utama Dante Lauretta, dari University of Arizona.

Baca Juga: Cara Mudah Menghubungkan HP ke Televisi

"Pesawat luar angkasa itu melakukan semua yang seharusnya dilakukannya," tambahnya.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: Sky News


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X