5 Juta Data Privasi Nomor HP dan Email Anak-anak Bocor, Instagram Terancam Denda Miliaran Dolar

- 19 Oktober 2020, 09:02 WIB
Ilustrasi Instagram. Instagram terancam denda terkait data privasi /Pixabay/.Webster2703

PIKIRAN RAKYAT - Facebook selaku pemilik Instagram terancam denda miliaran dolar AS setelah adanya laporan 5 juta data privasi anak bocor termasuk nomor HP dan alamat email.

Laporan The Telegraph mengungkapkan bulan September lalu Irlandia Data Protection Commissioner's (DPC) meluncurkan dua penyelidikan atas kekhawatiran anak di bawah 18 tahun berisiko diretas oleh hacker.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Daily Star, aplikasi milik Facebook itu memungkinkan pengguna untuk mengubah akun Instagram pribadi mereka menjadi akun yang dirancang untuk bisnis, yang memberikan statistik tentang seberapa populer postingan dan foto pengguna.

Baca Juga: BRI Berpotensi Kembali Turunkan Suku Bunga Dasar Kredit

Masalah muncul karena hingga saat ini peralihan ke satu akun berarti detail kontak mereka dapat dilihat oleh publik.

"Tidak ada pemeriksaan untuk melihat apakah akun tersebut benar-benar menjalankan bisnis dan meskipun Instagram memiliki usia minimum 13 tahun, lebih dari satu dari lima anak berusia antara 8 hingga 12 tahun di Inggris menggunakannya," kata Ofcom, regulator telekomunikasi Inggris.

David Stier, seorang ilmuwan data Amerika Serikat yang pertama kali menemukan celah tersebut, memperkirakan bahwa sebanyak lima juta anak memiliki detail pribadi yang bocor dengan cara tersebu dan keluhannya kini itu memicu penyelidikan.

Baca Juga: Warga Prancis Beri Penghormatan pada Guru yang Tewas Usai Diskusikan Karikatur Nabi Muhammad

"DPC telah secara aktif memantau keluhan yang diterima dari individu di area ini dan telah mengidentifikasi potensi masalah terkait dengan pemrosesan data pribadi anak-anak di Instagram yang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut," kata Graham Doyle, wakil komisaris di DPC.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: Daily Star


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

Portal Bandung Timur

OTT KPK Amankan 17 Orang

27 November 2020, 02:00 WIB
X