Pakai Google Hangouts? Siap-siap Kena Migrasi Tahun Depan!

- 17 Oktober 2020, 12:36 WIB
Migrasi Google Hangouts ke Chat. /Google

PIKIRAN RAKYAT - Google secara resmi akan memaksa pengguna beralih dari Google Hangouts ke Google Chat mulai tahun depan.

Dalam perubahan tersebut, Chat sebagai layanan perpesanan yang sebelumnya hanya tersedia untuk pelanggan yang membayar Google Workspace (perubahan merek G Suite baru-baru ini ), akan menjadi layanan gratis yang tersedia di dalam Gmail dan dalam aplikasi mandiri.

Sementar beberapa fitur Hangouts akan ditiadakan sebelum akhirnya menghilang.

Baca Juga: Nenek Calon Istri Sule, Nathalie Holscher Menangis Merestui Pernikahan Mereka, 'Ajari Salat 5 Waktu'

"Transisi dari Hangouts ke Chat akan dimulai pada paruh pertama 2021, ketika Google akan menawarkan alat untuk membantu membawa percakapan Hangouts, kontak, dan riwayat chat Anda ke Chat secara otomatis," kata Google dalam postingan blognya pada 15 Oktober 2020.

Tidak jelas langkah apa yang diperlukan untuk migrasi itu, tetapi Google mengatakan akan membagikan panduan di beberapa poin.

Dikutip Pikiran-rakyat.com dari The Verge, perpindahan dari Hangouts ke Chat ini bukan di luar dugaan. Pada Desember 2018 lalu Google mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk memigrasi pengguna Hangouts ke Chat dan Meet.

Baca Juga: Cetak Sejarah, BLACKPINK Buat Penampilan Spesial di Acara TV Amerika Serikat

Google mengatakan bahwa Chat tidak hanya menawarkan fitur seperti percakapan langsung dan grup yang mungkin dikenal pengguna dari Hangouts, tetapi juga memungkinkan merencanakan dan berkolaborasi dengan orang lain dengan lebih mudah.

Halaman:

Editor: Agil Hari Santoso


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X