Karir Baru Pencipta Konsol PlayStation, Ciptakan Robot untuk Bantu Manusia Tanpa Dibayar

- 10 Oktober 2020, 17:33 WIB
Pencipta konsol PlayStation Ken Kutaragi. /Facebook/Ken Kutaragi

PIKIRAN RAKYAT - Pencipta konsol game legendaris PlayStation, Ken Kutaragi, dikabarkan memulai karir baru di bidang robotika dan tidak dibayar untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Ken Kutaragi kini menjabat sebagai CEO Ascent Robotics Inc., sebuah startup kecerdasan buatan di Tokyo Jepang, ingin membuat robot terjangkau yang dapat bergerak dengan aman dan melakukan pekerjaan fisik bersama manusia di pabrik dan pusat logistik.

Pembuatan robot itu bertujuan untuk memiliki prototipe yang berfungsi dalam waktu sekitar satu tahun lagi. Kutaragi mengatakan tidak menerima gaji untuk menghemat modal.

Baca Juga: Bantu Tangani Pasien Keracunan Massal di Kota Tasikmalaya, Tagana Buat Dapur Umum di SDN Puspasari

"Wabah Covid-19 telah mengubah argumen lama tentang robot mengambil alih pekerjaan kita. Sekarang sudah cukup jelas bahwa jika kita ingin mencapai kondisi normal baru, kita membutuhkan lebih banyak robot dalam kehidupan sehari-hari," kata Kutaragi, dikutip Pikiran-rakyat.com dari Japan Times.

Dia tidak menjelaskan rencananya untuk mencapai tujuannya itu, tapi menegaskan adanya kemitraaan akan menjadi kuncinya.

Dalam mengembangkan prototipe robot pekerja ini, Kutaragi juga menggandeng sejumlah perusahaan teknologi seperti Kawasaki Heavy Industries. Kerja sama ini juga mengembangkan perangkat lunak pengemudi otonom dengan produsen mobil Jepang yang tidak disebutkan namanya.

Baca Juga: Cek Jadwal Live Streaming Net TV: Klasemen Liga Inggris, Serie A, dan La Liga

Kutaragi bersama perusahaannya Ascent mencoba menggabungkan dua teknologi. Perusahaan otomotif industri terbesar di dunia termasuk Fanuc Corp., ABB Ltd. dan Kuka AG telah berjuang untuk menumbuhkan pasar mesin yang dapat bekerja bersama manusia.

Halaman:

Editor: Agil Hari Santoso


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X