Seberat 3,6 Ton Biji Lobak, Daging, dan Keju Dikirim ke Stasiun Luar Angkasa ISS

- 4 Oktober 2020, 08:51 WIB
Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).
Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). /Pixabay/WikiImages

PIKIRAN RAKYAT - Sebuah pesawat kargo stasiun luar angkasa melesat ke orbit Bumi pada Jumat, 2 Oktober waktu Amerika Serikat. Pesawat itu membawa kamera 360 derajat, biji lobak untuk ditanam, daging keju untuk para astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Perusahaan Northrop Grumman meluncurkan kapsul Cygnus ke Stasiun ISS dari pantai Virginia, AS. Peluncuran itu memberikan suguhan malam hari bagi pengamat dari Carolina hingga New England.

"Itu adalah peluncuran yang spektakuler. Menciptakan fajar buatan selama beberapa menit di sana, sungguh indah,” kata wakil manajer program stasiun luar angkasa NASA, Kenny Todd, dikutip Pikiran-rakyat.com dari Phys.

Baca Juga: Jelang HUT Ke-75 TNI, Puluhan Prajurit Gotong Royong Bersihkan Taman Makam Pahlawan Putussibau

Pengiriman seberat 3,6 ton itu akan mencapai stasiun ISS pada Senin, 5 Oktober 2020.

Kapsul Cygnus juga membawa tangki udara bertekanan, toilet baru senilai Rp343 miliar serta kamera sinematik untuk menangkap pemandangan di luar angkasa.

Selain itu, kapsul juga banyak membawa makanan segar, mengingat jumlah astronot di stasiun ISS akan bertambah dari enam menjadi tujuh ketika astronot SpaceX akan tiba pada 31 Oktober 2020 mendatang.

Baca Juga: Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh Meninggal Dunia Usai Positif Covid-19

Makanan-makanan astronot ISS itu terdiri dari proscuitto, Genoa salami, keju brie, tomat ceri, jeruk, pecan, dan cranberry berlapis cokelat.

Halaman:

Editor: Agil Hari Santoso


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X