Ramai Film The Social Dilemma di Netflix, Facebook Akhirnya Buka Suara

- 3 Oktober 2020, 14:14 WIB
Facebook buka suara atas berbagai tudingan yang muncul dalam film The Social Dilemma.
Facebook buka suara atas berbagai tudingan yang muncul dalam film The Social Dilemma. /Instagram @thesocialdilemma

PIKIRAN RAKYAT - Baru-baru ini Film dokumenter Netflix yang berjudul The Social Dilemma ramai diperbincangkan soal dampak media sosial terhadap kehidupan dan kesehatan mental penggunanya.

Dikutip Pikiran-rakyat.com dari Vulture, film dokumenter tersebut mengklaim menggambarkan jejaring sosial seperti Facebook menggunakan program dan algoritma untuk membuat orang tetap online, belum lagi pengaruhnya pada pemilu, diskriminasi, dan depresi serta bunuh diri.

Menurut laporan, setelah menonton film The Social Dilemma, pengguna Facebook dan Instagram akan menghapus akun mereka.

Baca Juga: Wacana Siswa Muslim Prancis Dilarang Berjilbab Dikecam, Presiden Emmanuel Singgung Soal Radikalisme

Raksasa Facebook kemudian buka suara dengan membagikan pernyataan di situs webnya pada Jumat, 2 Oktober 2020 dengan judul What 'The Social Dilemma' Gets Wrong.

Dalam pernyataan itu, Facebook mengatakan film dokumenter tersebut menutup substansi dalam sensasionalisme (dibesar-besarkan).

Facebook mengeluhkan pembuat film tidak memasukkan wawasan dari karyawan saat ini di perusahaan yang disebutkan, atau dari orang-orang yang memiliki sudut pandang alternatif.

Baca Juga: Negara Lain Masih Sibuk Hadapi Covid-19, 97 Juta Warga Tiongkok Berwisata saat Puncak Hari Libur

"Alih-alih menawarkan pandangan yang berbeda pada teknologi, (film) itu memberikan pandangan yang menyimpang tentang bagaimana platform media sosial bekerja untuk menciptakan kambing hitam yang nyaman pada masalah masyarakat yang sulit dan kompleks," tulis Facebook," sebagaimana dikutip Pikiran-rakyat.com dalam blog Facebook.

Halaman:

Editor: Agil Hari Santoso

Sumber: Vulture


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X