Perlu Standarisasi, Kementerian Kominfo: Industri Telekomunikasi Harus Jaga Keamanan Produk

- 1 Oktober 2020, 15:44 WIB
ILUSTRASI Telekomunikasi.* /PIXABAY

PIKIRAN RAKYATKondisi perekonomian global saat ini terus menurun akibat  pandemi Covid-19 yang belum jelas kapan akan berakhir. 

Namun demikian,  produsen termasuk di industri telekomunikasi harus berupaya memberi yang terbaik bagi konsumen dan tetap menjaga keamanan produk.

Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menekankan penilaian kesesuaian standar perangkat agar dapat melindungi pengguna dan mendorong pengembangan industri teknologi telekomunikasi nasional.

 Baca Juga: Curahan Hati Istri Kiwil, Singgung Soal Keadaan hingga Berburuk Sangka

“Standarisasi dan penilaian kesesuaian sangat penting, karena standarisasi menjadi suatu common criteria yaitu kritera umum dan bersama yang dikembangkan organisasi independen untuk menjaga kualitas aspek tertentu bagi pengguna dan penyedia,” jelas Direktur Standarisasi Perangkat Pos dan Informatika Ditjen SDPPI, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Mochamad Hadiyana.

Dalam laman Kementerian Kominfo, Mochamad Hadiyana menjelaskan, standar harus diaplikasikan dan yang menjadi domain penilaian kesesuaian berupa sertifikasi, penetapan dan pengukuhan laboratorium.

Perjalanan sebuah produk hingga sampai ke tangan konsumen atau pelanggan ternyata cukup panjang.  Sekian prosedur dan uji coba secara legal harus dilalui tak hanya di negara asal produk itu berasal tapi juga di negara tujuan, disamping tetap menjaga keamanan produk saat pengirimannya. Tujuannya jelas yaitu untuk memastikan produk tersebut memang berkualitas dan aman untuk digunakan.

 Baca Juga: Pendaftaran Beasiswa LPDP Segera Dibuka, Simak Syarat dan Caranya

Sebagai contoh untuk produk yaitu perangkat router, yang di Indonesia masuk ke dalam kategori perangkat telekomunikasi berdasarkan UU Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi, khususnya Peraturan Menkominfo Nomor 16 Tahun 2018 tentang Ketentuan Operasional Sertifikasi Alat dan/ atau Perangkat Telekomunikasi, maupun Peraturan Menkominfo Nomor  10 Tahun 2019 tentang Persyaratan teknis Perangkat Router, dan regulasi terkait lainnya.

Regulasi itu mengatur antara lain setiap alat dan/atau perangkat telekomunikasi yang dibuat, dirakit, atau dimasukkan, untuk diperdagangkan dan/atau digunakan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia wajib memenuhi persyaratan teknis, yang dibuktikan dengan sertifikat melalui proses sertifikasi.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X