Catat Tanggalnya, Fenomena Astronomi Oktober 2020: Ada Bulan Purnama Mikro

- 1 Oktober 2020, 07:00 WIB
Bulan purnama (supermoon) terlihat dari kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (8/4/2020) dini hari. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan supermoon kali ini menjadi yang terbesar sepanjang tahun 2020.
Bulan purnama (supermoon) terlihat dari kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (8/4/2020) dini hari. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan supermoon kali ini menjadi yang terbesar sepanjang tahun 2020. / ANTARA /Hermanus Prihatna

PIKIRAN RAKYAT - Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengumumkan jadwal fenomena astronomi yang akan terjadi pada minggu pertama Oktober 2020.

Lantas apa saja fenomena astronomi tersebut?

Berikut ini jadwal fenomena astronomi pada minggu pertama Oktober 2020, sebagaimana dikutip Pikiran-rakyat.com dari laman edukasi.sains.lapan.go.id.

Baca Juga: Tidak Baik Dilakukan, 3 Kebiasaan Ini Dapat Merusak Waktu Tidur Anda

1-6 Oktober:Konjungsi Venus-Regulus

Selama sepekan berturut-turut sejak 30 September hingga 6 Oktober, Venus mengalami konjungsi dengan Regulus dan dapat disaksikan dari arah Timut-Timur Laut mulai pukul 04.00 WIB hingga 05.15 WIB.

Peristiwa itu dapat disaksikan selama kondisi langit cerah, bebas dari polusi cahay, maupun penghalang di sekitar medan pandang. Puncak Konjungsi Venus-Regulus terjadi pada 3 Oktober 2020 pukul 06.04 WIB dengan sudut pisah hanya 5 menit busur.

Baca Juga: Pikobar Terintegrasi dengan Platform LaporCovid-19

1 Oktober: Elongasi Timur Maksimum Merkurius

Halaman:

Editor: Nuzulia Rega

Sumber: Lapan.go.id

Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network