Sebuah Pohon Bisa Menyengat dan Keluarkan Racun seperti Kalajengking, Ditemukan Ilmuwan di Australia

- 20 September 2020, 14:58 WIB
Pohon Gympie-Gympie di Australia yang disebut memiliki racun. /University of Queensland’s Institute for Molecular Bioscience.

PIKIRAN RAKYAT - Australia memang dikenal memiliki hewan yang berbahaya dan berbisa. Hiu, laba-laba, dan ular menjadi pemberitaan buruk dan memiliki reputasi menakutkan bagi benua Australia.

Namun, ternyata tidak hanya hewan, di Australia juga ditemukan sebuah pohon yang bisa menyengat.

Ilmuwan dari University of Queensland telah menemukan racun 'seperti kalajengking' yang dikeluarkan dari sebuah pohon. Pohon ini memiliki daun lebar berbentuk oval atau hati, sering ditemukan di kawasan hutan hujan Queensland timur laut.

Baca Juga: Jadi Viral di Intenet, Dokter Tasqia Syabira Temukan 55 Buah Susuk saat Periksa Seorang Lansia

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Tech Explorist, pohon ini disebut Gympie-Gympie, dalam bahasa masyarakat setempat disebut Gubbi Gubbi, dan Dendrocnide dalam bahasa Latin botani.

Tanaman ini diselimuti rambut seperti jarum berlubang disebut trikoma, yang diperkuat dengan silika. Seperti jelatang pada umumnya, rambut ini mengandung zat beracun.

Namun, tanaman ini kemungkinan memiliki sesuatu yang ekstra untuk yang memberikan rasa sakit jika terkena.

Baca Juga: Juventus vs Sampdoria, Pirlo Bicara Soal Laga Debut dan Jadwal Live Streaming

Para ilmuwan menemukan bahwa pohon berbahaya ini dapat menyuntikkan bahan kimia kepada pengembara hutan yang tidak waspada. Sengatannya seperti yang ditemukan pada kalajengking, laba-laba, dan siput kerucut.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: Tech Explorist


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X