Mau Jelazah Luar Angkasa? Astronaut Wanita Pertama Indonesia, Pratiwi Sudarmono Bocorkan Syaratnya!

- 20 September 2020, 11:00 WIB
Ilustrasi astronaut di luar angkasa. /ANTARA/Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Penasaran dengan situasi di luar angkasa? Ingin pergi ke luar angkasa dan mengetahui ada apa saja di sana? Eits, Anda harus penuhi syarat-syarat ini dulu. 

Selain kondisi fisik, ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi untuk seorang astronaut agar bisa menjelazah antariksa. 

Tidak sembarang orang bisa melewati seleksi untuk bisa pergi ke antariksa, astronaut perempuan pertama Indonesia Pratiwi Sudarmono membeberkan syarat yang harus dimiliki berdasarkan pengalamannya tiga dekade lalu.

Baca Juga: Link Pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2020, Tersedia untuk Masyarakat Umum dan PNS

Pratiwi memang batal berangkat ke luar angkasa pada 1986 karena program pesawat ulang-alik Amerika dihentikan sementara akibat meledaknya pesawat ulang-alik Challenger, namun dia telah melewati sejumlah seleksi dan pelatihan astronaut.

Kesehatan fisik menjadi salah satu pertimbangan utama tentunya. Pratiwi menuturkan, menurut NASA 75 persen anak muda bisa lolos seleksi fisik astronaut.

Namun bukan cuma itu yang jadi penilaian. Ketahanan mental juga tak kalah penting karena astronaut harus menjalani hari-hari ekstrem, jauh berbeda dari keseharian di bumi.

Baca Juga: Beda Jauh dengan Indonesia, Denda Pelanggar Protokol Covid-19 di Inggris Capai Rp191 Juta

"Tapi ada ujian yang lebih ketat, seperti psikotest," kata Pratiwi di webinar bersama Komunitas Tintin Indonesia, Sabtu.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X