Masih Utuh, Beruang Zaman Es 22.000 Tahun Lalu Ditemukan dalam Kondisi Terawetkan di Siberia

- 17 September 2020, 06:34 WIB
ILUSTRASI beruang kutub. /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Untuk pertama kalinya, bangkai beruang gua dewasa ditemukan dalam kondisi terawetkan di Siberia. Beruang tersebut diperkirakan terkubur dalam beku setidaknya selama 22.000 tahun atau di zaman es.

Dikutip Pikiran-rakyat.com dari IFL Science, tubuh beruang yang telah punah itu ditemukan oleh penggembala rusa kutub dan kini dianalisis oleh ilmuwan di North-Eastern Federal University (NEFU) in Yakutsk, Siberia.

Menurut perkiraan, beruang dewasa ini diperkirakan berusia 22.000 hingga 39.500 tahun, tapi para peneliti sedang melakukan analisis radiokarbon untuk menentukan usia yang lebih tepat.

Baca Juga: Liga 1 2020 Semakin Dekat, Yaya Sunarya Sebut Persib Fokuskan Latihan Taktik

“Ini adalah penemuan pertama dan satu-satunya dari jenisnya, bangkai beruang utuh dengan jaringan lunak. Beruang ini benar-benar diawetkan, dengan semua organ internal di tempatnya termasuk bahkan hidungnya,” kata Dr Lena Grigorieva, seorang peneliti di NEFU, dalam sebuah pernyataan.

“Sebelumnya hanya ditemukan tengkorak dan tulang. Penemuan ini sangat penting bagi seluruh dunia," tambahnya.

NEFU juga mengumumkan bahwa mereka telah menemukan bangkai seekor anak beruang gua yang terawetkan di daratan Yakutia, menurut para ilmuwan mereka seharusnya dapat memperoleh DNA.

Baca Juga: POPULER HARI INI: Firasat Syekh Ali Jaber hingga Cerita Sule Pernah Diusir dan Pinjam Uang Bedu

Beruang gua (Ursus spelaeus) merupakan spesies atau subspesies prasejarah yang hidup di sebagian besar Eurasia hingga punah sekitar 15.000 tahun yang lalu.

Halaman:

Editor: Nuzulia Rega

Sumber: IFL Science


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X