Ada Alien? Fantastis, Temuan Baru Para Ilmuwan Buktikan Kemungkinan Adanya Kehidupan di Planet Venus

- 16 September 2020, 18:12 WIB
Planet Venus. /Pixabay/Gookingsword

PIKIRAN RAKYAT - Para ilmuwan mengatakan bahwa mereka telah mendeteksi awan yang sangat asam di Venus sebuah gas yang disebut fosfin yang menunjukkan mikroba mungkin menghuni tetangga Bumi itu.

Temuan dari kehidupan potensial di luar Bumi ini disampaikan para ilmuwan dalam sebuah jurnal ilmiah pada hari Senin 13 September 2020.

Para peneliti tidak menemukan bentuk kehidupan yang sebenarnya, tetapi mencatat bahwa fosfin yang ditemukan di Venus itu, biasanya diproduksi oleh bakteri yang berkembang di lingkungan dengan oksigen berkadar rendah.

Baca Juga: Korsel Diminta Waspada, Korea Utara Dikabarkan Siap Luncurkan Rudal Bawah Laut Pakai Kapal Selam

Tim ilmuwan internasional pertama kali melihat fosfin menggunakan Teleskop James Clerk Maxwell di Hawaii dan mengonfirmasinya menggunakan teleskop radio Atacama Large Millimeter/Submillimeter Array (ALMA) di Chili.

loading...

“Sebenarnya saya sangat terkejut,” kata Jane Greaves Astronom dari Universitas Cardiff di Wales, penulis utama penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Nature Astronomy.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Reuters, Keberadaan kehidupan di luar bumi yang lama telah menjadi salah satu pertanyaan terpenting dalam sains.

Baca Juga: Jadwal Live Streaming Liga Italia dan Skema Kompetisi, Disiarkan Langsung RCTI?

Para ilmuwan telah menggunakan probe dan teleskop untuk mencari tanda tanda biologis yang mengindikasi kehidupan tidak langsung di planet dan bulan lain di tata surya kita dan sekitarnya.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: Reuters


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X