HUT Ke-75 RI, Telkom Sediakan Layanan Internet Gratis di 30 Desa

- 15 Agustus 2020, 15:35 WIB
Ilustrasi pembelajaran jarak jauh (PJJ). /Pixabay/Alexandra Koch

PIKIRAN RAKYAT - Menjelang hari ulang tahun (HUT) RI ke-75, belum semua daerah di Indonesia terjangkau digitalisasi. Padahal pada masa pandemi Covid-19, jaringan infrastruktur digital hingga ke pelosok daerah sangat dibutuhkan. 

Kondisi itu mendorong Indonesia, melalui PT Telkom Indonesia (Persero), Tbk. (Telkom) melakukan percepatan digitalisasi di Ibu Kota Kabupaten (IKK). Executive Vice President (EVP) Telkom Regional III, M. Khamdan, mengatakan, saat ini Telkom terus berupaya mengoptimalkan operasional network. 

"Salah satunya, melalui fiberisasi jaringan, demi mendukung terwujudnya pengalaman digital terbaik bagi masyarakat Indonesia, khususnya pelanggan kami yang beraktivitas di rumah," ujarnya, Sabtu, 15 Agustus 2020.

 Baca Juga: 5 Rekomendasi Eyeliner Pen Lokal Ramah Pemula, Harga di Bawah Rp100.000

Ia mengaku berharap, ke depan jangkauan digitalisasi akan semakin merata ke seluruh pelosok di Indonesia. Dengan demikian, tidak ada lagi daerah yang mengeluhkan sulitnya akses internet.

Seperti diketahui, saat ini masih banyak daerah di Indonesia yang belum terjangkau jaringan infrastruktur digital. Bahkan, di Jawa Barat (Jabar) masih ada 1.300 titik blank spot, yang membuat anak sekolah di daerah tersebut kesulitan menjalankan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Kuota

Bukan hanya jaringan, seperti diketahui, PJJ juga terganjal kuota dan biaya untuk berlangganan internet. Apalagi, seperti diketahui, akibat pandemi banyak masyarakat kehilangan mata pencaharian akibat pemutisan hubungan kerja (PHK) dan dirumahkan.

 Baca Juga: Mantan Mendikbud M Nuh Ungkap Problem di Balik Kebijakan 'Belajar dari Rumah' Nadiem Makarim

Kondisi tersebut, menurut Khamdan, mendorong Telkom Jabar menggelar Program  Bebas Belajar Online Bersama Wifi.id dan IndiHome Study. Program tersebut merupakan salah satu inisiatif Telkom Jabar dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat Jabar dalam menjalankan PJJ

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X