Apple dan Google Kompak Hapus 'Fortnite' dari Toko Aplikasi, Epic: Akhiri Ketidakadilan dan Monopoli

- 14 Agustus 2020, 14:13 WIB
Ilustrasi game Fortnite. /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Tak lama setelah Epic Games, pengembang (developer) game tersebut membuat sistem pembayaran sendiri di "Fortnite", Apple dan Google memilih kompak menghapus "Fortnite" dari toko aplikasi mereka, App Store dan PlayStore.

Baru-baru ini, Epic memperkenalkan cara baru untuk membeli mata uang virtualnya yang diindikasi untuk menghindari potongan atau "persenan" pembayaran dari kedua raksasa teknologi tersebut.

Dikutip dari The Verge, Jumat 14 Agustus 2020, dia mengatakan bahwa pemain "Fortnite" yang membeli V-bucks melalui proses pembayaran langsungnya akan mendapatkan diskon 20 persen untuk pembelian mereka.

Baca Juga: Warga Inggris Dihebohkan dengan Kemunculan Sekelompok Ikan Tuna Termahal di Dunia

Langkah itu dimaksudkan untuk mendorong pengguna melakukan pembelian di luar Apple dan sistem Google.

Apple biasanya mengenakan insentif sebesar 30 persen dari tiap penjualan yang dilakukan para pengembang aplikasi yang menjual layanan mereka di App Store.

Beberapa jam setelah diperkenalkannya sistem pembayaran langsung Epic, "Fortnite" tidak lagi tersedia untuk diunduh melalui App Store. Google pun mengikuti langkah itu beberapa jam kemudian.

Baca Juga: Demi Belikan Anaknya HP untuk Belajar Online, Juru Parkir di Medan Berinisial ZA Nekat Mencuri Motor

Apple, melalui pernyataannya menulis, "Alasan Fortnite dikeluarkan dari App Store karena Epic membuat fitur yang belum diulas atau disahkan oleh Apple."

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X