Tak Selalu Negatif, Bermain Game Komputer Diklaim Bisa Tambah Kesejahteraan pada Anak-anak

- 12 Agustus 2020, 10:29 WIB
ILUSTRASI bermain game.* /Pixabay/11333328

PIKIRAN RAKYAT - Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa bermain game komputer membantu meningkatkan kemampuan membaca anak-anak dan menawarkan manfaat bagi kesejahteraan secara keseluruhan.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Sky News, penelitian itu melakukan survei terhadap 4.626 anak muda yang berusia 11 hingga 16 tahun di Inggris.

Studi dari National Literacy Trust menemukan bahwa permainan tersebut menawarkan cara membaca dan mendorong kreativitas melalui menulis.

Baca Juga: Amanda Manopo Jawab Tudingan Miring Rencana Kuliah ke Luar Negeri, Singgung Hubungannya dengan Billy 

Studi mereka juga menemukan hampir tiga perempat (73 persen) pembaca enggan mengatakan bermain video game membantu mereka merasa seperti bagian dari sebuah cerita.

loading...

Sementara dua pertiga (65 persen) mengatakan video game membantu mereka membayangkan menjadi orang lain, menunjukkan potensi manfaat untuk berempati.

Banyak anak muda mengatakan bermain video game membantu mereka menghadapi, atau melarikan diri dari stres dan emosi yang sulit.

Baca Juga: Liga Champions Atalanta vs PSG: Bos La Dea Akan Hubungi Ilicic Sebelum dan Sesudah Pertandingan 

Selain itu, kebanyakan orang tua mengatakan berkomunikasi dengan teman melalui video game selama penguncian pandemi virus corona sangat membantu kesejahteraan mental anak mereka.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: Sky News


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X