Sinyal Radio Misterius Tertangkap di Galaksi Bima Sakti, Astronom Kembali Telusuri

- 31 Juli 2020, 11:38 WIB
Ilustrasi sumber suara misterius yang disebut fast radio burst (FRB). /Badan antariksa Eropa (ESA)

PIKIRAN RAKYAT - Hingga saat ini belum diketahui keberadaan makhluk asing di luar Bumi. Namun, munculnya sumber sinyal radio misterius dari galaksi Bima Sakti membuat astronom mulai menelusurinya.

Sumber suara yang disebut fast radio burst (FRB) atau suara seperti sinyal radio berenergi tinggi ditelusuri astronom ke sebuah bintang mati di tengah-tengah galaksi Bima Sakti.

FRB merupakan emisi radio yang muncul sementara dan secara acak dari luar angkasa. FRB hanya muncul mulai dari sepersekian milidetik hingga beberapa milidetik.

Baca Juga: [UPDATE] Kasus Corona Jawa Barat 31 Juli 2020, Tercatat Sudah 6.461 Orang Positif

Teleskop ruang angkasa Integral yang dioperasikan oleh Badan Antariksa Eropa (ESA) kini melacak FRB ke sebuah bintang mati di galaksi kita.

loading...

Dikutip Pikiran-rakyat.com dari Daily Mail, para astronom ESA mengungkapkan medan magnet di bintang mati tersebut terdeteksi memancarkan kombinasi sinar-X dan gelombang radio.

"Kami mendeteksi ledakan magnetar dari energi tinggi atau keras dan memancarkan sinar-X menggunakan (teleskop) Integral pada 28 April," kata pemimpin penelitian Sandro Mereghetti dari National Institute for Astrophysics (INAF–IASF) di Milan, Italia.

Baca Juga: Bukan Cuma Masker, Tim Pemotongan Hewan Kurban di Masjid Raya Cirebon Gunakan APD lengkap

"Ini benar-benar penemuan besar, dan membantu membawa asal mula fenomena misterius ini menjadi lebih fokus," tambahnya.

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: Daily Mail


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X