Berburu Bukti Kehidupan Alien, Misi NASA ke Mars Senilai Rp39,4 Triliun Sukses Meluncur

- 31 Juli 2020, 09:50 WIB
NASA sukses lesatkan misi Perseverance ke planet Mars. /Joel Kowsky/NASA via Daily Mail

PIKIRAN RAKYAT - Badan antariksa Amerika Serikat, NASA sukses meluncurkan kendaraan robot enam roda bernama Perseverance. Misi ini bertujuan untuk mencari bukti-bukti kehidupan alien di Mars purba.

Peluncuran menggunakan roket Atlas V milik United Launch Alliance dari Cape Canaveral Air Force Station di Florida, AS, pada Kamis,30 Juli 2020 pukul 07.50 waktu ET atau 18.50 WIB.

NASA sudah pernah beberapa kali menurunkan rover ke Mars, namun kali ini Perseverance menjadi yang tercanggih atau upgrade dari teknologi sebelumnya.

Baca Juga: Pembunuhan Ayah Kandung di Cianjur, sang Anak Hanya Tertawa Saat Ditanya Setelah Habisi Nyawa Bapak

Tak hanya Perseverance, NASA juga membawa sebuah helikopter mini yang disebut Ingenuity. Helikopter seberat 1,8 kg dan setinggi setengah meter ini akan digunakan untuk terbang di tempat yang tak bisa dilalui Perseverance.

loading...

Fokus utama dari misi Perseverance adalah untuk mengetahui apakah Mars pernah memiliki kehidupan sekitar 3,8 miliar tahun yang lalu .

Rover dilengkapi dengan beberapa instrumen untuk mencari tanda-tanda mikroba kuno yang diduga bersembunyi di bebatuan dan tanah di Mars.

Baca Juga: Idul Adha 2020 Hanya Bisa Kurban 3 Sapi dan 2 Kambing, Dewi Perssik: Biasanya 7-8, Karena Pandemi..

Hal yang terpenting, Perseverance dibekali dengan sistem pengeboran canggih, yang dirancang untuk menggali sampel permukaan planet merah.

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: The Verge


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X