Untuk Pertama Kalinya, Penjualan Smartphone Huawei Lebih Banyak Dibanding Samsung dan Apple

- 30 Juli 2020, 21:00 WIB
UNTUK pertama kalinya Huawei berada di peringkat teratas dalam penjualan smartphone, kalahkan Samsung dan Apple.* /AFP/Christof Stache

PIKIRAN RAKYAT - Untuk pertama kalinya dalam sembilan tahun, Samsung dan Apple tidak lagi memimpin grafik penjualan smartphone global.

Berdasarkan laporan Canalys, Huawei mendominasi pasar penjualan smartphone mulai kuartal kedua tahun 2020. Penjualan ini sebagian besar berada di Tiongkok sebagai pasar smartphone terbesar di dunia.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Digital Trends, Canalys mengklaim Huawei menjual 55,8 juta unit smartphone. Angka ini selisih 2 juta dari Samsung (53,7 juta) yang berada di posisi kedua. Sementara Apple berada di posisi ketiga.

Baca Juga: Lowongan Kerja Juli 2020, PT Sinar Mas Multifinance Buka Branch Manager Development Program

Di Amerika Serikat, Apple dan Samsung memimpin pasar penjualan smartphone di masa pandemi virus corona.

Tiongkok saat ini lambat laun mulai pulih dari Covid-19 dan kembali normal, sehingga Huawei dapat memimpin pasar penjualan smartphone.

Akan tetapi, dibandingkan tahun 2019 lalu, penjualan smartphone Huawei sebenarnya turun 5 persen. Samsung mengalami penurunan lebih tajam sebesar 30 persen. Tahun 2019 lalu, vendor asal Korea Selatan ini menjual lebih dari 70 juta smartphone.

Baca Juga: Atas Prestasinya Tangani Covid-19, Insentif Daerah Pangandaran Ditambah Pusat Rp14,9 Miliar 

Ben Stanton, seorang analis senior di Canalys, mengatakan Huawei dapat mengambil keuntungan penuh dari pemulihan ekonomi Tiongkok untuk menyalakan kembali bisnis smartphone-nya.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: Digital Trends


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X