Amerika Luncurkan 4 Satelit Mata-mata Rahasia, Tidak Diketahui Tujuan Mengorbit di Mana

- 18 Juli 2020, 13:50 WIB
ROKET milik Northrop Grumman Minotaur IV diluncurkan dari Fasilitas Penerbangan Wallops NASA dalam misi NROL-129 pada 15 Juli 2020. * /NASA via Space

PIKIRAN RAKYAT - Amerika Serikat baru saja meluncurkan empat satelit mata-mata yang mengorbit Bumi, namun tidak diketahui tujuan akhirnya.

Roket Northrop Grumman Minotaur IV diluncurkan dari Mid-Atlantic Regional Spaceport (MARS) di Virginia, AS pada 15 Juli 2020 waktu setempat.

Misi bernama NROL-129 ini hasil kerja sama dari Kantor Pengintaian Nasional AS atau National Reconnaissance Office (NRO) dan Angkatan Luar Angkasa atau Space Air Force Amerika Serikat.

Baca Juga: 2 Bulan Kabupaten Dharmasraya Masuk Zona Hijau, Kini 4 Tenaga Medis Justru Dinyatakan Positif Covid

NRO mengembangkan dan mengoperasikan armada satelit mata-mata, umumnya misi mereka dirahasiakan.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Space, tidak diketahui secara persis tujuan satelit yang membawa misi NROL-19 bahkan tidak diketahui tujuan akhir orbitnya di mana.

"NROL-129 mendukung keseluruhan misi keamanan nasional NRO untuk memberikan data intelijen kepada para pembuat kebijakan senior Amerika Serikat, komunitas intelijen dan Departemen Pertahanan," tulis para pejabat NRO dalam siaran pers misi tersebut.

Baca Juga: Cipika-Cipiki Mahasiswa KKN, Kepala Desa di Wajo Terancam Diberhentikan

Roket Minotaur IV memiliki tinggi 78 kaki (24 meter) dan terdiri dari empat bagian. Tiga bagian ditenagai oleh motor roket solid yang bersumber dari rudal balistik antarbenua Peacekeeper yang dinonaktifkan.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: Space


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X