Berbahaya, Tautan TikTok Palsu Berisi Malware Beredar di WhatsApp

- 9 Juli 2020, 20:55 WIB
Logo TikTok. /AFP/Lionel Bonaventure

PIKIRAN RAKYAT - Sebuah laporan baru memperingatkan adanya tautan TikTok palsu yang telah beredar dan mengandung malware berbahaya.

Maharashtra Cyber yang berbasis di Mumbai, India merilis peringatan tentang tautan TikTok palsu yang baru-baru ini terlihat di WhatsApp.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Mirror, pejabat dari Maharashtra Cyber mengatakan pihaknya telah menemukan bahwa penjahat dunia maya menciptakan tautan TikTok Pro palsu yang mengandung malware dan dapat mencuri data dari pengguna.

Baca Juga: Dukung Pergerakan Ekonomi, Wali Kota Bekasi Beri Izin Layanan Ojol untuk Angkut Penumpang

Laporan tautan TikTok palsu ini juga telah dibagikan oleh pengguna akun Twitter @GowdPurushotham.

loading...

"Beberapa teman saya mendapat pemberitahuan dari daring tentang aplikasi tiktok pro, bahwa ada tautan URL setelah kami mengklik URL yang pesannya telah diteruskan secara otomatis ke semua kontak telepon kami," tulisnya.

Menurut Paul Bischoff selaku advokat privasi di comparitech.com, ini adalah variasi dari serangan siber yang sangat umum.

Baca Juga: Insentif Penanganan Covid-19 Belum Cair, Tenaga Medis Kabupaten Tasikmalaya Sesalkan Mekanismenya

"Ini adalah variasi dari serangan yang sangat umum di mana penyerang membujuk korban untuk mengklik tautan yang tampaknya sah, tetapi pada kenyataannya mengarah ke halaman phising atau unduhan malware," kata Bischoff.

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: Mirror


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X