Badan Antariksa Eropa Rilis Video Perjalanan ke Planet Mars, Tampak Kawah Warna Putih Berisi Es Beku

- 6 Juli 2020, 21:10 WIB
Kawah es di Mars yang diberi nama Korolev. /ESA via Science Alert

PIKIRAN RAKYAT - Badan Antariksa Eropa (ESA) telah merilis video menakjubkan perjalanan ke planet Mars yang memperlihatkan kawah beku yang dinamakan Korolev.

Kawah Korolev.Mars terletak di dataran rendah sebelah utara seluas 80 kilometer dan lebih dari 2 kilometer di dalamnya dilapisi es air tebal.

Dikutip Pikiran-rakyat.com dari Science Alert, video terbaru ini diambil dari pesawat ruang angkasa Mars Express ESA yang menggunakan citra dari Kamera Resolusi Tinggi Stereo (HRSC).

Baca Juga: Reshuffle Kabinet, Nama Susi Pudjiastuti Kembali Muncul

Gambar putih yang ada di dalam gambar bukanlah salju, tetapi kawah terus menerus diisi es air dan gundukan pusatnya dengan tebal 1,8 kilometer.

loading...

Seperti halnya es kering di Bumi, es air di Mars biasanya berubah dari padat menjadi gas dengan tekanan atmosfer rendah.

Suhu juga dapat mempengaruhi stabilitas es. Es air stabil secara permanen di dalam kawah Korolev.karena bagian terdalamnya bertindak sebagai perangkap dingin alami.

Baca Juga: TKI Asal Majalengka yang Dihukum Mati di Arab karena Bunuh Majikannya, Mendadak Pulang ke Indonesia

Para ilmuwan ESA menjelaskan bahwa udara di atas es mendingin karena lebih berat dibandingkan dengan udara di sekitarnya:

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: Science Alert


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X