Manfaat Download Aplikasi Penilaian Karyawan Berbasis Web

- 18 November 2022, 08:15 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi. /Pixabay/mohammed-hassan


PIKIRAN RAKYAT
- Sebelum membahas manfaat download aplikasi penilaian karyawan berbasis web, mari kita bahas tentang penilaian kinerja karyawan. Setiap perusahaan tentu memiliki metode penilaian kinerja karyawan yang berbeda. Penilaian kinerja karyawan dapat dilakukan dengan melihat hasil kerja karyawan selama kurun waktu tertentu, mulai dari setiap bulan, setiap kuartal, atau bahkan setiap tahun. Anda bisa memantaunya melalui aplikasi penilaian karyawan. Dalam penilaian tersebut, terdapat berbagai indikator yang digunakan untuk menilai kinerja karyawan.

Indikator kinerja karyawan tentu disesuaikan dengan target capaian yang diharapkan. Penilaian kinerja karyawan dilakukan untuk melihat kualitas karyawan selama bekerja di perusahaan yang bersangkutan. Nah, bagaimana dengan contoh penilaian kinerja karyawan yang baik dan dapat dijadikan acuan? Apa saja yang perlu menjadi indikator dalam penilaian kinerja karyawan dengan aplikasi penilaian karyawan?

Langsung saja, simak informasi mengenai penilaian kinerja karyawan dengan download aplikasi penilaian karyawan berbasis web selengkapnya melalui artikel ini.

Apa Itu Penilaian Kinerja?

Dikutip dari Inc, penilaian kinerja karyawan dapat disebut juga sebagai performance appraisal. Dalam hal ini, penilaian kinerja adalah proses yang dilakukan perusahaan untuk mengevaluasi dan memberikan feedback mengenai kinerja karyawan. Proses penilaian dengan aplikasi penilaian karyawan ini juga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan untuk memberikan kenaikan gaji atau promosi.

Baca Juga: Diduga Hina Iriana Jokowi di Medsos, Gibran dan Kaesang Berang Konfrontasi Seorang Pengguna Twitter

Secara garis besar, penilaian kinerja karyawan atau performance appraisal adalah serangkaian proses yang dilakukan untuk mengevaluasi tingkat kecakapan karyawan dalam melakukan pekerjaannya berdasarkan indikator yang ditentukan. Selanjutnya, hasil penilaian kinerja karyawan melalui aplikasi penilaian karyawan tersebut akan diberitahukan pada karyawan yang bersangkutan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, proses penilaian ini dilakukan dengan menilai dan mengukur kecakapan karyawan dalam melakukan tugas dan bertanggung jawab pada setiap pekerjaannya.

Menurut Snell dan Bohlander, pihak yang dapat melakukan penilaian kinerja karyawan adalah manajer atau supervisor, karyawan itu sendiri, rekan kerja, serta bawahan dari karyawan yang bersangkutan. Sementara itu, menurut Valamis, penilaian kinerja karyawan memiliki memiliki beberapa tujuan sebagai berikut:

Agar karyawan mendapatkan pengakuan dan penghargaan pencapaian dan/atau kontribusi yang dilakukan.
Agar karyawan mendapatkan kesempatan untuk menerima promosi dan/atau bonus.
Agar karyawan dapat menentukan area spesifik dari keterampilan yang ingin ditingkatkan.
Agar karyawan dapat mengidentifikasi kebutuhan pendidikan tambahan atau pelatihan yang dapat menunjang perkembangan karirnya.
Agar karyawan merasa termotivasi dan merasa dilibatkan dalam perkembangan karirnya. 

Sebagai wadah diskusi antara karyawan dengan perusahaan mengenai target jangka panjang.

Menurut sumber lainnya, tujuan penilaian kinerja karyawan dengan aplikasi penilaian karyawan dibagi menjadi dua jenis, yakni tujuan penilaian kinerja secara umum dan tujuan penilaian kinerja secara khusus dengan penjelasan sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji


Artikel Pilihan


Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x