Di Tengah Global Warming, Ternyata ada Tempat di Bumi yang Menjadi Dingin

- 3 Juli 2020, 18:45 WIB
Suhu rata-rata permukaan air laut tahun 2015. //NOAA via Science Alert

PIKIRAN RAKYAT - Berbagai tempat di belahan lautan Bumi belakangan ini dilaporkan terus mengalami peningkatan suhu karena meningkatnya efek gas rumah kaca.

Namun, ada satu petak air di Atlantik Utara yang menentang tren tersebut, tempat ini diketahui suhunya terus turun dan menjadi lebih dingin.

Peneliti menyebut tempat ini sebagai 'gumpalan dingin' yang kemudian menjadi topik perhatian bagi ahli iklim ketika pertama kali ditemukan di tahun 2015.

Baca Juga: Zumi Zola Digugat Cerai Istri saat Masih Ditahan, Kuasa Hukum Tanggapi Isu Soal Orang Ketiga

Sayangnya, karena kompleksnya sirkulasi air laut, peneliti sulit menjelaskan terjadinya gumpalan dingin ini.

loading...

Dikutip Pikiran-rakyat.com dari Science Alert, dalam sebuah studi terbaru menambahkan penjelasan ilmiah terkait fenomena tersebut yang menyebutkan ada lebih dari satu penyebab terjadinya gumpalan dingin tersebut.

Tim peneliti dari Max Planck Institute for Meteorology, di Jerman menerapkan pemodelan iklim jangka panjang untuk mensimulasikan berbagai konfigurasi untuk menemukan kecocokan dengan suhu yang diamati.

Baca Juga: Siapa Sangka, Lady Gaga, Kim Kardashian hingga Paus Paulus Pesan Furniture dari Pabrik di Semarang

Salah satu faktor yang mereka identifikasi tidak begitu mengejutkan karena mendukung penelitian sebelumnya yang menunjukkan aliran air yang disebut Atlantic meridional overturning circulation (AMOC) melemah secara signifikan sejak pertengahan abad ke-20.

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: Science Alert


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X