Aplikasi Absensi Mobile dan Tips Berbagai Manfaat Bagi Bisnis by Mekari.com

- 29 September 2022, 08:05 WIB
Aplikasi Absensi by Mekari.
Aplikasi Absensi by Mekari. /Mekari.com


PIKIRAN RAKYAT - Absensi mobile
merupakan salah satu sistem absensi terbaru yang kini digunakan di banyak perusahaan karena lebih praktis dan efisien untuk mengelola absensi karyawan. Kita juga mengetahui bahwa salah satu parameter penting dalam mengukur kinerja dan produktivitas karyawan adalah dengan melihat data absensinya.

Tidak seperti jaman dahulu, kini absensi bisa dilakukan melalui aplikasi atau software khusus seperti absensi mobile. Sistem absensi yang satu ini membuat karyawan dapat melakukan absensi melalui perangkat mobile atau handphonenya secara online.

Penerapan sistem absensi via mobile ini tentunya akan memberikan banyak manfaat baik untuk perusahaan, bagian HR hingga karyawan itu sendiri. Dalam melakukan absensi karyawan hanya perlu mengakses aplikasi atau software tersebut tanpa perlu mengantri di mesin absen seperti fingerprint.

Absensi itu sendiri juga dapat dilakukan secara real-time dan akurat yang tentunya akan lebih efisien dibandingkan cara manual atau konvensional. Terlebih lagi bila perusahaan mempunyai karyawan dalam jumlah banyak, sistem kerja yang mobile, menerapkan sistem bekerja dari rumah hingga mempunyai karyawan freelance di luar kantor.

Baca Juga: Kejagung Kerahkan 30 Jaksa untuk Tangani Perkara Pembunuhan Brigadir J

Mengenal Apa Itu Absensi Mobile

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa aplikasi atau software khusus ini akan memungkinkan penggunanya untuk melakukan absensi via handphonenya asalkan terhubung dengan internet. Sistem ini dapat diterapkan di banyak gadget karena umumnya pengembang telah membuat aplikasi atau software yang support untuk Android maupun iOS.

Dengan aplikasi ini maka setiap karyawan dapat melakukan absensi kehadiran secara real-time karena pada umumnya setiap karyawan telah mempunyai handphone yang menunjangnya. Namun tidak hanya itu saja, dengan absensi mobile ini juga akan memudahkan karyawan dalam mengajukan cuti maupun izin hingga melihat slip gaji dan laporan kehadirannya.

Selain itu bagi perusahaan yang menerapkan jam kerja secara shift juga akan memudahkan karyawannya dalam melihat jadwal kerjanya dengan mudah. Aplikasi atau software ini sendiri dapat digunakan untuk berbagai jenis perusahaan baik yang mempunyai karyawan banyak hingga sedikit.

Baca Juga: Febri Diansyah Dulu Gencar Suarakan Pihak Tertindas, Kini Bela Sambo CS, Refly Harun: Ini Kasus yang 'Wah'

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x