Rekomendasi Aplikasi Sistem Kepegawaian Terbaik yang Dapat Bantu Urusan Kepegawaian Jadi Mudah

- 29 September 2022, 08:00 WIB
Aplikasi Simpeg.
Aplikasi Simpeg. /Talenta


PIKIRAN RAKYAT - Simpeg (aplikasi sistem kepegawaian) adalah sistem yang mampu memberikan informasi data-data pegawai pada suatu perusahaan maupun instansi yang saling berinteraksi mencapai tujuan yang telah ditargetkan. aplikasi sistem kepegawaian menangani pengelolaan data kepegawaian khususnya meliputi: pendataan pegawai, BKD, proses perencanaan dan formasi kepegawaian, penggajian, penilaian angka kredit, mutasi pegawai, dan sistem pelaporan.

Aplikasi aplikasi sistem kepegawaian pada suatu instansi adalah melakukan penginputan, pengawasan dan monitoring dalam hal data kepegawaian. Data mentah diinput biasanya disiapkan form isian yang harus diisi oleh pegawai suatu instansi dengan baik dan benar. Jika dalam pengisian form dilakukan dengan baik dan benar, operator dapat langsung mengisikan database masing-masing pegawai ke dalam aplikasi sistem kepegawaian, dan operator dapat fokus mengisi sesuai dengan form yang diterimanya tanpa mengecek berkas fisik.

Baca Juga: Nasib Bocah 14 Tahun yang Dipacari Kriss Hatta Jadi Sorotan, Kini Dibully?

Setelah database di input dengan baik, barulah sistem dapat memproses sesuai dengan kebutuhan instansi yang menggunakan sistem tersebut. Dalam pengolahan kepegawaian aplikasi sistem kepegawaian dapat menghasilkan berbagai report (laporan) seperti Beban Kinerja Dosen (BKD), Daftar Urut Kepangkatan (DUK), riwayat kenaikan pangkat, data pegawai yang akan naik pangkat, data DP3 pegawai, data riwayat jabatan, riwayat diklat teknis maupun fungsional, riwayat penghargaan yang telah diterima pegawai, data pegawai yang telah maupun yang akan pensiun, data riwayat keluarga PNS, dan berbagai report lain yang telah dipersiapkan dengan baik oleh pihak programer.

Dengan tersedianya berbagai report yang dapat dihasilkan aplikasi sistem kepegawaian, maka oleh pihak yang berkepentingan dapat mempergunakan aplikasi ini untuk memanajemen kepegawaian pada instansinya tersebut sesuai dengan peruntukannya. Aplikasi Sistem Kepegawaian ini berperan sangat besar dalam meningkatkan ulasan kinerja karyawan.

Aplikasi sistem kepegawaian biasanya dipergunakan oleh pimpinan untuk mempermudah memberikan pelayanan kepegawaian, menata sebaran pegawai pada seluruh instansi, serta mempersiapkan kemungkinan lain yang dibutuhkan oleh pihak atasan seperti analisa kebutuhan PNS pada instansinya, maupun penyusunan para pejabat eselon II, III dan IV yang oleh pihak atasan memiliki kinerja baik dan dapat menerima komunikasi dari atasan dalam menentukan arah pembangunan daerahnya.

Rekomendasi Aplikasi Aplikasi sistem kepegawaian Terbaik

Selain daftar aplikasi di bawah ini, sebenarnya masih terdapat beberapa aplikasi yang tersedia di pasaran. Mulai dari aplikasi yang global sampai aplikasi sistem kepegawaian buatan pengembang di Indonesia. Namun, berikut ini beberapa aplikasi rekomendasi dari kami.

1. Mekari Talenta

Mekari Talenta merupakan salah satu aplikasi sistem kepegawaian yang menyediakan beragam fitur untuk memudahkan karyawan. Seperti manajemen database karyawan, fitur GPS, payroll, hingga keperluan administrasi karyawan. Tampilan aplikasi Mekari Talenta ini juga keren dan user friendly. Sebagai HRD atau Manager, Anda bisa mengecek segala aktivitas karyawan disini, dan Anda berhak menerima atau menolak pengajuan cuti karyawan secara real time berkat database yang terintegrasi.

Fitur-Fitur Aplikasi Sistem Kepegawaian yang kembangkan Mekari Talenta, antara lain:

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x