Gunung Api Terbesar di Dunia Ternyata Ditemukan Tersembunyi di Dasar Laut Samudra Pasifik

- 2 Juni 2020, 12:03 WIB
Mauna Loa telah lama ditetapkan sebagai gunung api terbesar di dunia, namun dalam penelitian terbaru Pūhāhonu yang terbesar.* /AFP

PIKIRAN RAKYAT - Penelitian baru-baru ini menemukan bahwa gunung berapi terbesar di dunia ditemukan tersembunyi di dasar laut Samudra Pasifik, sekitar 952 km dari arah barat laut Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Forbes, dua puncak kecil batuan vulkanik yang disebut Gardner Pinnacles menjulang tinggi sekitar 53 meter di atas permukaan laut. Puncak ini adalah satu-satunya bagian yang terlihat dari gunung api terbesar di dunia itu.

Mauna Loa di Pulau Besar Hawaii (Hawaii's Big Island) telah lama ditetapkan sebagai gunung berapi terbesar di dunia, menjulang tinggi lebih dari 9.170 meter dari dasar laut Samudra Pasifik dan memiliki volume lebih dari 19.200 mil kubik (80.000 kubik-kilometer).

Baca Juga: Ibadah Haji 2020 Dibatalkan, Pemerintah Indonesia Mengaku Cukup Pahit dan Sulit

Namun, dalam penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Earth and Planetary Science Letters mengungkapkan bahwa Gardner Pinnacles adalah puncak bangunan vulkanik yang mencakup sekitar 36.000 mil kubik (150.000 kubik kilometer).

Volume ini lebih besar dua kali lipat daripada Mauna Loa. Hanya sebagian kecil dari volume ini yang terlihat di atas permukaan laut yaitu 30 persen.

Massa lava yang dipancarkan selama 14 juta tahun terakhir cukup berat untuk menekuk kerak samudera di bawah gunung hingga ratusan mil, menyembunyikan 70 persen volume bangunan vulkanik di dalam dasar laut.

Baca Juga: Jokowi: Masjid Istiqlal Rencananya Dibuka Juli, Keputusan Ada di Imam Besar

Namun, dengan menggunakan peningkatan gravitasi dengan konsentrasi massa, para peneliti dapat memetakan dan menghitung volume lengkap bangunan vulkanik.

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: Forbes


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X