Gurita yang Hidup di Kedalaman 7.000 Meter Ternyata Ditemukan di Palung Jawa, Indonesia

- 30 Mei 2020, 21:14 WIB
ILUSRASI Indonesia.* /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - Gurita yang hidup paling dalam tertangkap kamera film di kedalaman 7.000 meter di bawah laut Palung Jawa, Indonesia.

Tertangkapnya gambar gurita ini menggunakan sistem mesin pendarat, berisi kamera yang dilepaskan dari kapal dan tenggelam ke dasar laut. Penemuan ini dianggap sebagai gurita terdalam yang pernah difilmkan.

Dikutip Pikiran-rakyat.com dari KTLA5, para peneliti percaya, binatang ini kemungkinan merupakan spesies baru Grimpoteuthis atau 'gurita Dumbo,' genus dari payung gurita laut dalam yang diberi nama dari siripnya yang menyerupai telinga gajah seperti di kartun Disney.

Baca Juga: Denda Pelanggaran PSBB Jakarta Capai Setengah Miliar Rupiah

Selama satu setengah tahun, sebagai bagian dari Five Deeps Expedition (Ekspedisi 5 Terdalam), para peneliti telah mengunjungi tempat-tempat terdalam di seluruh dunia.

Ekolog laut, Alan Jamieson yang juga pemimpin tim penelitian ini mengatakan setelah menyelesaikan lebih dari 100 penyelaman, timnya memiliki gagasan tentang jenis-jenis satwa liar, termasuk ikan dan krustasea yang mereka amati di dasar laut. Tetapi mereka terkejut ketika melihat gurita di Palung Jawa ini.

"Seperti biasa, kami merekam banyak tempat yang sama, tetapi kemudian tiba-tiba di tengah penyelaman sekitar 6.000 meter, gurita Dumbo ini hanya terbang dekat dengan kamera," kata dia.

Baca Juga: Komet Oumuamua yang Sempat Diduga Pesawat Alien Kini Bisa Jadi Gunung Es antar Bintang

“Kemudian dua hari kemudian, kami melakukannya sedikit lebih dalam, pada 7.000 meter, dan kamera hanya di dasar laut selama empat menit. Dan binatang ini baru saja keluar dari kegelapan, yang baru saja merangkak ke kamera," tambahnya.

Halaman:

Editor: Nuzulia Rega


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X