Kurangi Ketergantungan pada Huawei, Inggris Dorong AS Bentuk Klub Negara dan Buat Teknologi Sendiri

- 31 Mei 2020, 06:30 WIB
Logo Huawei.* /Dok. PR

PIKIRAN RAKYAT - Inggris mengatakan pada Jumat, 29 Mei 2020, pihaknya mendorong Amerika Serikat untuk membentuk klub 10 negara yang dapat mengembangkan teknologi 5G sendiri dan mengurangi ketergantungan pada raksasa telekomunikasi asal Tiongkok, Huawei.

Inggris sebelumnya mengizinkan Huawei membangun jaringan di negaranya dengan catatan hanya 35 persen.

Namun, Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson minggu lalu telah menginstruksikan para pejabat untuk menyusun rencana memotong Huawei dari jaringan 5G di tahun 2023 karena hubungan dengan Tiongkok memburuk.

Baca Juga: Bule Amerika Serikat Jadi Kurir Sabu Tempel, Ditangkap di Denpasar

Surat kabar The Times melaporkan Inggris mengusulkan klub mitra demokrasi yaitu 'D10' yang mengelompokkan negara-negara G7 dengan Australia dan para pemimpin teknologi Asia, Korea Selatan, dan India.

loading...

Disebutkan salah satu opsi melibatkan penyaluran investasi ke perusahaan telekomunikasi yang ada di 10 negara anggota tersebut.

Juru bicara Downing Street mengonfirmasi bahwa Inggris menjangkau negara-negara mitra untuk mencari teknologi alternatif dari Huawei.

Baca Juga: Kekeyi Rilis Single Debut Bertajuk 'Keke Bukan Boneka' Berhasil Jadi Trending di YouTube Indonesia

"Kami sedang mencari pendatang baru ke pasar untuk melakukan diversifikasi dan itu adalah sesuatu yang telah kami bicarakan dengan sekutu kami, termasuk Amerika Serikat," kata juru bicara Downing Street, seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari AFP.

Halaman:

Editor: Nuzulia Rega

Sumber: AFP


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X