Hanya dengan Selfie, Teknologi AI Dapat Menentukan Kepribadian Anda

- 23 Mei 2020, 13:46 WIB
Peneliti mengklaim sistem AI dapat menentukan kepribadian seseorang berdasarkan foto selfie.* /Scientific Report

PIKIRAN RAKYAT - Dalam sebuah studi baru-baru ini mengklaim teknologi pengenalan wajah dapat menentukan kepribadian seseorang hanya dengan menganalisis selfie tanpa emosi.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports, sekelompok peneliti Rusia mengatakan dengan bantuan pembelajaran mesin, mereka melatih serangkaian jaringan komputer saraf untuk menentukan kepribadian seseorang melalui foto.

Mereka mengatakan selfie memungkinkan program untuk mengungguli manusia yang ditugaskan untuk mencoba memprediksi kepribadian seseorang.

Baca Juga: Terekam Detik-detik Mengerikan Pesawat Jatuh di Pemukiman Padat di Karachi, Pilot Sebut Penyebabnya

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Courthouse News Service, program ini lebih menentukan kepribadian dari wajah perempuan daripada laki-laki, dan mampu membuat penilaian di atas kesempatan tentang keterbukaan, hati nurani, ekstraversi, persetujuan, dan neurotisme.

Ciri-ciri kepribadian ini membentuk teori kepribadian Lima Besar atau model OCEAN yang dikembangkan pada 1980-an di bidang psikologi.

Tim peneliti yang melakukan penelitian ini bekerja dengan startup Rusia-Inggris BestFitMe untuk melatih program kecerdasan buatan (AI) dalam membuat penilaian kepribadian pada sampel sebanyak 12.000 sukarelawan yang melakukan selfie.

Baca Juga: Idul Fitri di Tengah Pandemi Covid-19, MUI: Silaturahmi Bisa Secara Batiniah

Para peneliti membangun jaringan saraf tiruan yang menilai 128 faktor wajah seseorang yang berbeda, seperti lebar mulut dan tinggi bibir atau mata.

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: Daily Mail, Courthouse News Service


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X