Masih Ada 2 Hari Lagi, Fenomena Langit Jelang Idul Fitri 2020 Venus dan Merkurius Berdekatan

- 23 Mei 2020, 13:00 WIB
VENUS dan Merkurius sedang dalam posisi saling berdekatan. Fenomena langit jelang Idul Fitri 2020 ini bisa disaksikan dengan mata telanjang. /Alexander Krivenshev, Worldtimezone.com via Forbes

PIKIRAN RAKYAT - Dua planet Merkurius dan Venus akan berdekatan di langit menjelang malam pada Minggu ini. Di langit pasca matahari terbenam akan terlihat kedua planet berpapasan.

Merkurius akan relatif lebih dekat ke Venus antara tanggal 21 Mei hingga 25 Mei, dengan dua hari titik puncak paling dekat sudah terjadi pada 21 Mei dan 22 Mei 2020.

Meski begitu, untuk melihat kedua planet ini berdekatan masih bisa dilakukan hingga tanggal 23-25 Mei 2020.

Baca Juga: Kim Jong Un Hilang Lagi, Beredar Rumor Sedang Sakit dan Memilih Mengasingkan Diri

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Forbes, untuk mengamati fenomena ini tunggu sekitar 30 menit setelah matahari terbenam, tetapi kedua planet akan tenggelam dengan cepat, jadi harus cepat jika ingin melihat fenomena ini.

Jika Anda berencana untuk melihat penampakan langka ini, pastikan untuk tidak menunggu sampai larut malam dan mencari Venus tepat setelah matahari terbenam.

Venus akan mudah dikenali karena kecerahannya dan juga dapat dilihat dengan mata telanjang.

Setelah melihat Venus, lihat ke titik di mana matahari terbenam. Merkurius akan muncul dekat dengan Venus di matahari terbenam itu.

Baca Juga: Ikut Kena Dampak COVID-19, Medina Zein Tetap Bayar Gaji Karyawan Secara Penuh

Halaman:

Editor: Andika Thaselia Prahastiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X