Rabu, 27 Mei 2020

Akibat Perubahan Iklim dan Kotoran Hewan, Antartika Bisa Berubah Jadi Warna Hijau

- 21 Mei 2020, 17:22 WIB
AKIBAT perubahan iklim dan kotoran hewan, Benua Antartika bisa berubah menjadi warna hijau.* /Jurnal Natur Communication/Sarah Vincent via Daily Mail

PIKIRAN RAKYAT - Penelitian baru-baru ini menemukan bahwa benua Antartika bisa berubah menjadi warna hijau karena perubahaan iklim. Hal ini disebabkan karena ganggang alga bermekaran di permukaan salju.

Ahli botani dari University of Cambridge menciptakan peta alga mikroskopis berskala besar pertama yang mekar di sepanjang garis pantai Antartika.

Para peneliti menggabungkan data satelit dengan pengamatan di lapangan mengambil alih dua musim panas yang dihabiskan di Kutub Selatan untuk mendeteksi dan mengukur ganggang hijau.

Baca Juga: Indonesia Disebut Akan Hadapi Ujian Penting Selama Liburan Idulfitri

Mereka menemukan bahwa meskipun masing-masing alga berukuran mikro, secara kolektif dapat mengubah salju menjadi hijau cerah dan dapat dilihat dari ruang angkasa ketika berkembang lebih banyak.

Pertumbuhan ganggang di Antartika tampaknya didorong oleh kotoran burung dan mamalia dengan 60 persen pemekaran alga ditemukan tidak jauh dari koloni penguin.

"Alga salju adalah komponen kunci dari kemampuan benua untuk menangkap karbon dioksida dari atmosfer melalui fotosintesis," kata Matt Davey selaku penulis makalah dan ahli botani di University of Cambridge, seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Daily Mail.

Baca Juga: Pernah Lawan WHO Soal Virus Flu Burung, Siti Fadilah: Saya Stop Tanpa Vaksin, tapi Pakai Politik

PERTUMBUHAN alga dipengaruhi kotoran binatang yang bertindak sebagai pupuk alami.*
PERTUMBUHAN alga dipengaruhi kotoran binatang yang bertindak sebagai pupuk alami.*

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: Daily Mail


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X