Sabtu, 30 Mei 2020

Google dan Apple Akhirnya Luncurkan Sistem Pelacakan Kontak COVID-19

- 21 Mei 2020, 13:14 WIB
APPLE dan Google rilis sistem pelacakan kontak COVID-19.* /APPLE

PIKIRAN RAKYAT - Setelah lama ditunggu-tunggu Apple dan Google akhirnya merilis sistem pelacakan kontak virus corona pada smartphone pengguna di seluruh dunia.

Kedua perusahaan merilis antarmuka pemrograman (API) yang diberi nama Exposure Notification (notifikasi paparan) yang tersedia dalam Android dan iOS.

Ini memberi lembaga kesehatan masyarakat di setiap negara untuk membangun aplikasi pelacakan kontak berdasarkan teknologi Apple dan Google.

Baca Juga: 7 Tahun Lebih Sembunyikan Pernikahan, Daniel Mananta Akhirnya Blak-blakan Ungkap Alasannya 

"Apa yang kami bangun bukanlah aplikasi melainkan lembaga kesehatan masyarakat akan memasukkan API ke dalam aplikasi mereka sendiri yang dipasang pada tiap orang," kata Apple dan Google dalam pernyataan bersama, Kamis, 21 Mei 2020 sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Techcrunch.

"Teknologi ini ada di tangan lembaga kesehatan masyarakat di seluruh dunia yang akan memimpin dan kami akan terus mendukung upaya mereka," tambah kedua perusahaan.

Sistem Exposure Notification ini sedang dirilis dalam pembaruan perangkat lunak pada iPhone Apple dan smartphone Android.

Baca Juga: Saksi Dentuman di Bandung Sebut Suara Misterius Itu Terjadi Jam 8 Pagi 

Perwakilan dari kedua perusahaan mengatakan mereka memperkirakan aplikasi yang menggunakan sistem akan segera hadir karena beberapa negara sudah menggunakan teknologi dalam pengujian teknik.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: techcrunch


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X