Rabu, 27 Mei 2020

Astronom Temukan Sebuah Planet Mirip Bumi, Para Ilmuwan Sebut Itu 'Super Earth'

- 19 Mei 2020, 04:30 WIB
ILUSTRASI Bumi.* /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Para ilmuwan dari University Canterbury (UC) mengungkap penemuan baru sebuah planet mirip dengan Bumi yang berada di dekat pusat galaksi, dan diberi istilah 'Super-Earth'.

Ilmuwan Antonio Herrera Martin mengatakan bahwa hal ini merupakan sebuah penemuan yang langka, karena Super Earth menjadi satu-satunya yang memiliki ukuran dan orbit serupa dengan Bumi. 

"Untuk tahu bahwa ini adalah penemuan yang langka, maka waktu yang dibutuhkan untuk pengamatan bintang induk sekitar lima hari. Tapi planet ini terdeteksi hanya dalam waktu lima jam saja," kata Martin.

Baca Juga: Direktur Utama dan 3 Komisaris PT LIB Mundur dalam RUPS Luar Biasa

Lebih lanjut Martin menjelaskan bahwa ia dan ilmuwan lainnya mengonfirmasi yang mereka lihat bukan disebabkan oleh sistem lain dan juga bukan kesalahan instrumen.

Berkat ada penemuan baru tersebut, Martin akhirnya berlanjut melakukan penelitian untuk mendapat karakteristik dari sistem bintang planet ini.

Artikel ini sebelumnya telah tayang di Pikiranrakyat-bekasi.com dengan judul "Penemuan Langka, Astronom Temukan Planet Mirip Bumi yang Berada di Dekat Pusat Galaksi"

Baca Juga: Pemkot Tasikmalaya Izinkan Pelaksanaan Salat Idulfitri Meskipun Terapkan PSBB

Bintang induk planet tersebut diperkirakan hanya 10 persen dari massa Matahari. Sedangkan untuk planetnya memiliki massa antara Bumi dan Neptunus.

Halaman:

Editor: Yuni

Sumber: Pikiran Rakyat Bekasi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X