Selasa, 2 Juni 2020

Ilmuwan Selama Ini Lakukan Kesalahan dalam Membedakan Jenis Kelamin Dinosaurus

- 14 Mei 2020, 14:39 WIB
ILUSTRASI dinosaurus Tyrannosaurus, para ilmuwan Inggris menentang penelitian sebelumnya yang mengatakan bahwa dinosaurus T-Rex betina lebih besar daripada jantan.* /Queen Mary University of London via Daily Mail

PIKIRAN RAKYAT - Para peneliti dari Queen Mary University of London, Inggris baru-baru ini menganalisis tengkorak buaya Gharial, spesies buaya yang terancam punah, untuk membedakan jenis kelamin berdasarkan catatan fosil.

Penelitian ini dimaksudkan sebagai pandangan yang sering diperdebatkan terhadap pembedaan jenis kelamin dinosaurus khususnya Tyrannosaurus Rex.

Peneliti menggunakan buaya sebagai sampel penelitian karena relatif kerabat dekat dengan dinosaurus seperti hewan bertubuh besar, bertelur, tumbuh perlahan dan matang secara seksual sebelum mencapai ukuran penuh.

Baca Juga: 3 Manfaat Kesehatan dari Minyak Ikan dan Minyak Biji Rami

"Seperti dinosaurus, Gharial adalah reptil besar yang tumbuh lambat dengan bertelur, yang menjadikannya model terbaik untuk mempelajari spesies dinosaurus yang telah punah," kata Dr. David Hone, seorang dosen senior bidang zoologi di Queen Mary University of London, sebagaimana dikutip Pikiran-rakyat.com dari Daily Mail.

BUAYA Gharia, memilikiciri khas moncong panjang. Ini adalah salah satu buaya terpanjang dari semua yang hidup dengan panjang hingga 19 kaki atau 5,7 meter.*
BUAYA Gharia, memilikiciri khas moncong panjang. Ini adalah salah satu buaya terpanjang dari semua yang hidup dengan panjang hingga 19 kaki atau 5,7 meter.*

Baca Juga: BNN Kota Bandung Terus Galakan Kampanye Stop Narkoba pada Masa Pandemi Covid-19

"Penelitian kami menunjukkan bahwa bahkan dengan pengetahuan sebelumnya tentang spesimen jenis kelamin masih sulit membedakan gharial jantan dan betina," tambahnya.

Dia juga mengatakan sebagian besar dinosaurus tidak memiliki data mendukung dalam penelitian, sehingga studi tersebut lebih sulit dilakukan.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: Daily Mail


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X