Rabu, 27 Mei 2020

Bekas Roket Tiongkok Kini Jadi Sampah Luar Angkasa, Diperkirakan Jatuh ke Bumi

- 13 Mei 2020, 08:10 WIB
ILUSTRASI peluncuran roket ke luar angkasa.* /PEXELS

PIKIRAN RAKYAT - Tubuh roket bekas milik Tiongkok menjadi bagian dari sampah ruang angkasa terbesar dalam beberapa dekade, yang kemudian jatuh tidak terkendali ke Bumi pada Senin, 11 Mei 2020.

Sebelumnya, Tiongkok meluncurkan pesawat ruang angkasa generasi terbaru tanpa awak dengan menggunakan roket Long March-5B dari Pusat Peluncuran Ruang Angkasa Wenchang di Pulau Hainan pada Selasa, 5 Mei 2020.

Setelah hampir satu minggu mengorbit Bumi, tahap inti dari roket besar itu kembali memasuki atmosfer Bumi.

Baca Juga: Alphard Hangus Terbakar di Pondok Indah, Simak 7 Alasan Kebakaran Terjadi di Mobil

Menurut militer AS, tampaknya ada bagian roket yang tidak sepenuhnya terbakar yang kemudian sampai ke permukaan Bumi, dan kemungkinan jatuh ke Samudra Atlantik di lepas pantai Afrika Barat.

"Ini adalah objek paling masif yang masuk kembali ke Bumi secara tidak terkendali sejak Salyut-7 pada tahun 1991 seberat 39 ton," tulis Jonathan McDowell selaku astrofisikawan Harvard terkemuka yang melacak objek itu di orbit, di Twitter, sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Forbes.

Baca Juga: PPDB SMA SMK SLB Dilaksanakan secara Online, Begini Tahapan Awalnya

Militer Aerospace Corporation, dan yang lainnya sedang melacak roket seberat 37.000 pound (16,7 ton) itu ketika orbitnya mulai keliru pada beberapa hari yang lalu menuju kobaran api yang tak terhindarkan.

Badan roket itu lebih masif daripada stasiun ruang angkasa Tiangong-1 Tiongkok yang pernah jatuh kembali ke Bumi pada tahun 2018.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: Forbes


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X