Senin, 25 Mei 2020

Sebelum Bagikan Pesan, Lakukan Hal Ini agar Tak Kena Sanksi Pidana

- 5 Mei 2020, 10:29 WIB
ILUSTRASI menerima pesan, berita, kabar, informasi.* /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - Masyarakat kembali diingatkan untuk tidak sembarangan menyebarkan, membagikan (sharing) pesan, kabar atau informasi tanpa menyaringnya.

Polda Metro Jaya kembali mengingatkan masyarakat untuk menyaring berita-berita hoaks dan ujaran kebencian yang tidak jelas sumbernya agar tidak terjerat sanksi pidana.

Baca Juga: Bikin Sedih, ini Ucapan Terakhir Didi Kempot Setelah Konser Terakhirnya

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus menyebutkan, ada beberapa orang yang harus berurusan dengan aparat penegak hukum lantaran ikut menyebarkan konten hoaks atau bohong dengan alasan "iseng".

Baca Juga: Fauzan Rela Jual Kamera Demi Sembako untuk Warga Terdampak Covid-19

"Pihak yang mendapatkan broadcast konten 'hate speech' (ujaran kebencian) ini kemudian ikut menyebarkan karena 'iseng'. Dia dapat, dia tanpa saring langsung sharing karena 'iseng', akhirnya jadi tersangka," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Senin 4 Mei 2020.

Baca Juga: Fauzan Rela Jual Kamera Demi Sembako untuk Warga Terdampak Covid-19

Yusri mengatakan, meski awalnya hanya "iseng", tindakan ikut menyebarkan kabar yang tidak jelas asal usulnya tersebut sangat tidak bijak karena hal itu akan berujung dengan timbulnya keresahan di tengah masyarakat.

Baca Juga: 'Terimakasih dari Didi Kempot', Jadi Pesan Terakhir Penutup Usianya

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X