Senin, 25 Mei 2020

Cara Cek Nomor IMEI Ponsel Baru yang Wajib Didaftarkan Mulai 18 April 2020

- 18 April 2020, 10:04 WIB
PEDAGANG memeriksa nomor identitas ponsel (IMEI) dagangannya di Jakarta, Jumat, 5 Juli 2019 lalu. * /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika mulai hari ini, Sabtu 18 April 2020 resmi menerapkan regulasi tentang validasi nomor International Mobile Equipment Identity atau IMEI.

Untuk itu, wajib diketahui cara cek nomor IMEI sebelum membeli HP/ponsel.

Nomor IMEI wajib didaftarkan, dari ponsel yang dibeli dari luar negeri, untuk menghalau peredaran ponsel dari pasar gelap (black market).

Baca Juga: 2.768 Usaha Pariwisata di Jawa Barat Tutup, Disparbud Sampaikan Langkah Strategis

Validasi nomor IMEI diatur dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 11 Tahun 2019 tentang Pengendalian Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi yang Tersambung ke Jaringan Bergerak Seluler melalui Identifikasi IMEI.

Setelah aturan ini berlaku, ponsel dari pasar gelap (black market), diblokir atau tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi karena tidak mendapatkan layanan dari operator seluler.

Cara cek nomor IMEI ponsel

Peraturan ini berlaku untuk ponsel yang baru dibeli atau diaktifkan mulai tanggal 18 April 2020, perangkat-perangkat yang sudah aktif sebelum tanggal ini, tetap dapat tersambung ke layanan dari operator seluler seperti biasa.

Baca Juga: Single vs Pacaran, Mana yang Lebih Baik?

Untuk mengecek nomor IMEI, seperti dilansir Antara, pengguna bisa melihatnya di bagian belakang ponsel, beberapa vendor ponsel menempelkan stiker berisi nomor IMEI di bodi belakang.

Jika tidak ada stiker di bodi ponsel, nomor IMEI bisa dilihat di bagian luar kardus ponsel. Nomor IMEI biasanya berdekatan dengan informasi tipe dan warna ponsel.

Cara lainnya, tanpa harus mengecek kardus ponsel, nomor IMEI bisa ditemukan di Setting atau Pengaturan, kemudian cari menu About Phone atau Tentang Ponsel. Nomor IMEI biasanya dicantumkan di salah satu sub-menu.

Baca Juga: Mocca Gelar Konser Online, Stay Home Stay Happy

Cara di atas berlaku untuk ponsel Android. Sementara untuk perangkat berbasis iOS, nomor IMEI juga bisa dilihat di menu Setting, kemudian pilih General dan About.

Selain kedua cara tersebut, nomor IMEI bisa dilihat dengan menghubungi *#06#, baik untuk pengguna Android maupun iPhone.

Satu nomor IMEI berlaku untuk satu nomor ponsel, jika menggunakan ponsel dengan kartu SIM ganda, maka akan ada dua nomor IMEI dalam satu ponsel.

Untuk melihat status IMEI, kunjungi situs Cek IMEI imei.kemenperin.go.id dari Kementerian Perindustrian.***

Editor: Gita Pratiwi

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X