Jumat, 5 Juni 2020

Badan Antariksa Rusia: AS Berusaha Mengambil Kendali Planet Lain di Ruang Angkasa

- 9 April 2020, 06:34 WIB
STASIUN Luar Angkasa atau International Space Station (ISS).* /https://www.nasa.gov/

PIKIRAN RAKYAT - Badan Antariksa Rusia Roscosmos menuduh Presiden Amerika Serikat, Donald Trump telah menciptakan dasar untuk merebut dunia lain dengan perintah eksekutif baru tentang penambangan komersial di luar angkasa.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Independent, menurut Roscosmos, Donald Trump memberikan dirinya lisensi untuk mengambil alih planet lain.

"Peraturan baru itu merusak ruang lingkup kerja sama internasional di ruang angkasa setelah dibuat resmi (oleh AS)," kata Roscosmos

Baca Juga: POPULER HARI INI: Sri Mulyani Ungkap THR dan Gaji ke-13 Golongan I-III Aman 

Diketahui sebelumnya, Donald Trump telah menandatangani perintah eksekutif AS untuk lakukan penambangan di Bulan dan planet lain sebagai sumber daya.

Perintah Trump itu menyatakan bahwa AS akan berusaha untuk merundingkan pernyataan bersama, pengaturan bilateral dan multilateral dengan negara-negara asing mengenai operasi yang aman serta berkelanjutan untuk pemulihan publik dan swasta dalam penggunaan sumber daya ruang angkasa.

"Warga AS harus memiliki hak untuk terlibat dalam eksplorasi komersial, pemulihan, dan penggunaan sumber daya di luar angkasa, sesuai dengan hukum yang berlaku.

Baca Juga: Live Bersama Maia Estianty saat Dikabari Glenn Fredly Meninggal, Judika: Hah Beneran Ini? 

"Luar angkasa adalah domain aktivitas manusia yang secara hukum dan fisik unik, dan Amerika Serikat tidak memandangnya sebagai milik bersama secara global," tulis Gedung Putih dalam pernyataannya.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: Independent


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X